Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bimbingan Belajar dan Pengajian Masa Pandemi di Puri Cendana RW 015

Penulis

  • Alfiyah Kurniasari Suparso UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imam Rifqi Herdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Dafa Putra Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ilham UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Saeful Mimbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pengajian, Pandemi, Bimbel

Abstrak

Pada masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini mengakibatkan perubahan cara kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya tatap muka dan sekarang menjadi daring atau secara online. Hal ini menciptakan tantangan baru dan kesulitan yang di alami oleh siswa, seperti kurang pahamnya anak mengenai tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan guru secara online bahkan tidak ada feedback untuk solusi penyelesaiannya. Kemudian, jika anak terlalu sering memainkan gadget tanpa dipantau oleh orang tuanya maka dapat membuat anak menjadi lupa akan pelajaran dan pengetahuan agamanya. Maka dari itu, kelompok KKN-DR 83 mengusulkan program kerja untuk mengatasi masalah tersebut yaitu bimbingan belajar atau bimbel online dan secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan. Adapun untuk mengetahui keberhasilan program ini yaitu menggunakan kuesioner berskala Likert dengan responden 10 anak dan wawancara kepada guru pengajian dan muridnya secara langsung. Hasilnya didapatkan persentase sebesar 84,75 % yang jika disesuaikan dengan interval adalah sangat baik untuk keberhasilan program kerja bimbingan belajar dan untuk pengajian, didapatkan hasil wawancara dari guru adalah ia merasa senang dan terbantu dengan adanya peserta KKN disana sedangkan untuk anak muridnya berkata bahwa mereka sangat senang karena bertambahnya ilmu pengetahuan agama sebab selalu diberikan materi keislaman yang disertakan dengan lagu anak anak.

Referensi

Budiaji, Weksi. 2013. “SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale Want More Papers like This?” Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan 2(2): 127–33.

dkk, Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta: Rineka Cipta.

Dengo, Salmin, and Jericho D Pombengi. 2018. “Pendekatan Partisipatif Dalam Pembangunan Di Desa Tawaang Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Administrasi Publik 4(56).

Jannah, Saniatu Nisail, and Uep Tatang Sontani. 2018. “Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(1): 210.

Machendrawati, Nanih. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam Dari Ediologi Strategi Sampai Tradisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Maryuliana, Imam Much Ibnu Subroto, and Sam Farisa Chairul Haviana. 2016. “Questionnaire Information System Measurement of the Need for Additional Learning Materials to Support Decision Making in High Schools Using a Likert Scale Skala.” Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI) 1(2): 1–12.

Perdana Prasetya, Eka, Abdulrahman, and Fatihah Rahmalia. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1): 19–25.

Wahyuni, D., M. Wati, and R. Ely. 2016. “Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh.” Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora) 3(4): 43–53.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Kurniasari Suparso, A. ., Rifqi Herdani , I. ., Dafa Putra Setiawan, M. ., Ilham, M. ., Fauziah, S. ., & Saeful Mimbar, A. . (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bimbingan Belajar dan Pengajian Masa Pandemi di Puri Cendana RW 015 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 19–34. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/610

Terbitan

Bagian

Articles