Optimalisasi UMKM Lokal Melalui Workshop Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Dusun 4 Desa Cipedes

Penulis

  • Ria Agustira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Fuadina Zulva UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Achmad Fathoni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Ekonomi, Pemasaran digital

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran vital dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, UMKM di wilayah pedesaan seperti Dusun 4, Desa Cipedes, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi digital, terutama dalam pemasaran produk. Oleh karena itu, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas, kelompok 112 melaksanakan program workshop digital marketing untuk memberdayakan UMKM lokal. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset, Basic, Community, Development). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial dan platform e-commerce. Workshop ini membantu pelaku UMKM memperluas jangkauan pasar, meningkatkan daya saing, dan efisiensi biaya pemasaran. Partisipasi aktif masyarakat dan keberlanjutan program menjadi indikator keberhasilan kegiatan pengabdian ini.

Referensi

A’yun, Efrida Qurotul, Alessandro Adrian Piero, Ayu Sofi Khairul Nisa, Edelweis Zita Orvala, Endang Erowati, Gendis Surya Kinanthi, Muhammad Nur Fatah, Muhammad Rais Sidiq, Shaqhirra Diva Salsa, and Emmy Latifah. “PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMASARAN PADA UMKM DI DUSUN GIRIMULYO.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2024).

Bertsch, R. (2020). Digital Marketing Strategies for Small and Medium Enterprises: An Empirical Study. Journal of Small Business Management.

Febriani, Reni. “PENYULUHAN PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK CIPING DESA SUKAWANA CURUG KOTA SERANG.” ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 2 (October 13, 2021): 194–202. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1551.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2021). Laporan Tahunan Perkembangan UMKM 2021. Jakarta: Kemenkop UKM.

Made, DwiCahyani, Ni Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, and A.A. Ngr Eddy Supriyadinata Gorda. “Edukasi Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM di Pasar Kumbasari.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 6, no. 1 (June 1, 2022): 110–16. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3426.

Marpaung, Arif Pratama. “Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing,” 2021.

Mulyadi, T., Wahab, A., Lubis, R., Asir, M., & Hanafiah, H. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM LOKAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11624- 11628.

Putra, I. G. J. E., Pradnyandari Dananjaya Erawan, A., Wikan Aditya, I. G., Juniarta, I. W., Adi Surya Permana, I. M., & Wahyu Baskara, I. M. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DESA KERAMAS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 200–205. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3880

Pebrina Swissia, and Halimah Halimah. “OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRANDING PADA UMKM TEMPE MBAH MUL DI DESA PURWOTANI.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 8 (January 1, 2023): 5949–56. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4544.

Pramita, Y. D., Saputri, S. A., Handayani, H., Tildjuir, N. M., Pamungkas, A. T., & Dewi, A. A. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.573

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sasongko, Dimas, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Saskia Dyah Qiranti, Riski Sinta Sari, and Pramania Eka Allafa. “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 6, no. 2 (October 21, 2020): 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.

Sifwah, M. A. & Setiawan, B. D. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax, and Production, 2(1), 109-115.

Suraya, Fatona, Dita Galuh Maharani, Heni Rachmawati, Dea Mayang Yulia Putri, and Ririn Andika Sari. “Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung” 3, no. 2 (2021).

Waqfin, Mohammad Saat Ibnu, Sindi Ramania Wulandari, Fenti Mamluatut Tifliya, Susi Indrayani, Wahyudi Wahyudi, and Muhamad Khoirur Roziqin. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (December 19, 2021): 155–59. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2112.

Widiastuti, Tri. “STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN J AJAN TRADISIONAL UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG.” Jurnal Riptek 15, no. 1 (December 1, 2021): 64–69. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i1.116.

Zahiroh, M. Y. (2022). Peluang dan Tantangan Transformasi Digital UMKM di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19. Journal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(2), 124-133. https://doi.org/10.59525/jess.v1i2.150

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-04

Cara Mengutip

Ria Agustira, Zulva, N. F. ., Fathoni, A., & Setiawan, H. (2024). Optimalisasi UMKM Lokal Melalui Workshop Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Dusun 4 Desa Cipedes. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–15. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/6016

Terbitan

Bagian

Articles