Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 di SDN Sukamulya

Penulis

  • Guspiyar Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aida Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maryam Syahira Syahira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Hasanah Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hajir Tajiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Ice breaking, motivasi belajar, SDN Sukamulya, pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 5 di SDN Sukamulya. Latar belakang penelitian ini adalah kekakuan dalam proses pembelajaran yang sering menyebabkan kebosanan dan menurunnya konsentrasi peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan metode ice breaking yang terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan observasi dan pemberian ice breaking sebelum dan saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi peserta didik, membuat suasana kelas menjadi lebih interaktif, dan membantu peserta didik lebih fokus dalam menerima materi pembelajaran. Kesimpulannya, ice breaking memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, disarankan agar guru lebih sering menggunakan ice breaking untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.

Referensi

Asmani, Ja’mal Ma’mur. ”Sudahkah Anda Menjadi Guru Berkarisma?” (Yogyakarta: Diva Press, 2015), h. 48.

Dyah Rahmi Astuti. Penerapan Ice Breaking Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Paranggong, Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol.4 No.8, h. 194.

Khairunnisa, Ratna. “Pentingnya Penggunaan Ice Breaking Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas Vd Di Sdn 012 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023”, Jurnal Pendas Mahakam. Vol 8 (1), 2023, h. 52.

Pratiwi. Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B. TK Laboratorium PGPAUD. FIP UNESA, 2013, 4.

Rahmawati, Dewi Arifiani . Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat dari Kebiasaan Mak (Aprianti, 2019)an Pagi. Early Childhood Education Paper (BELIA), 3(1), 2014, 32.

Sunarto. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media, h. 4.

Sunarto. Ice Brekaing Dalam Pembelajaran Aktif (Surakarta: Cakrawala Media, 2017), h. 1-2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-04

Cara Mengutip

Rahman, G. ., Fitriyani, A., Syahira, M. S., Hasanah, S. H., & Tajiri, H. (2024). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 di SDN Sukamulya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5978

Terbitan

Bagian

Articles