Mengembangkan Kesadaran Diri Remaja Melalui Tes Kecerdasan Majemuk di SMK Cendekia Paseh
Kata Kunci:
Pendidikan, Kesadaran Diri, Kecerdasan MajemukAbstrak
Terjadinya pandemi Covid-19 ini menimbulkan beberapa masalah pada setiap sektor. Baik pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun lingkungan. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang banyak mengalami penurunan. Beberapa alasan yang menjadi penyebab penurunan terhadap pendidikan adalah hilangnya motivasi belajar dan ketidaksadaran terhadap kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Maka dari itu, pengenalan terhadap diri sendiri perlu diarahkan lebih lanjut lagi salah satunya dengan melakukan tes kecerdasan majemuk pada pelajar di sekolah. Dengan tes ini diharapkan anak dapat lebih sadar terhadap kemampuan yang dimilikinya. Bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan mereka mengetahui tentang dirinya diharapkan agar mereka bisa mulai lebih sadar (awareness) terhadap kemampuan yang dimilikinya, sehingga mampu menentukan tujuan hidup dengan potensi yang sudah dimilikinya.
Referensi
https://www.bbc.com/indonesia/majalah-50648395
Daniel Solomon, Kalaiyarasan, “Importance of Self Awareness in Adolescence – A Thematic Research Paper”. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS). Volume 21, Issue 1, Ver. II, Januari 2016
Magnus Osahon Igbinovia, “Emotional Self Awareness and Information Literacy Competence as Correlates of Task Performance of Academic Library Personnel”. Library Philosophy and Practice (e-journal). 2016
Elia Flurentin, Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya Dengan Penumbuhan Karakter, Jurnal Inspirasi Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang
Djaali, Psikologi Pendidikan; cet ke-2 (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Julia Jasmine, Panduan Praktis Mengajar Berbasis Kecerdasan Majemuk; Cet ke-1 (Bandung: Nuansa, 2007)
Suharsono, Mencerdaskan Anak, Melejitkan Intelektual dan Spiritual, Memperkaya Hasanah Batin, Kesalehan Serta Kreativitas Anak (IQ, EQ dan SQ), Cet: ke-1 (Depok: Inisiasi Press, 2004)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ai Hidayatunnajah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.