Penerapan Metode Implicit Learning di Paud Anggrek Al-Manan dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak
Kata Kunci:
Metode Implicit Learning, Minat Belajar, Peran KeluargaAbstrak
Penerapan metode pembelajaran Implicit Learning merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa di PAUD Anggrek Al-Manan, Dusun Pasirloa, Desa Kadakajaya. Rendahnya minat belajar siswa, menjadi acuan atas dilaksanakannya penelitian ini. Implicit Learning merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa PAUD dengan rentang usia 1-6 tahun. Di mana penelitian ini menerapkan metode pembelajaran Implicit Learning, Learn Through Play dengan dibuatnya dua program yaitu; Fun English dan Kaus Kaki Ajaib. Fun English, sebuah program pembelajaran berupa pengenalan bahasa Inggris untuk anak PAUD Anggrek Al-Manan di mana pembelajaran dikemas sedemikian rupa agar siswa merasa fun, enjoy dan tidak merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, program Kaus Kaki Ajaib, di mana pembelajaran dibentuk semenarik mungkin dengan metode bercerita melalui media boneka tangan yang dibuat dari kaus kaki dan berbentuk binatang sesuai dengan tema. Di samping itu, minat belajar anak pun dipengaruhi oleh peran keluarga. Keluarga memiliki peranan penting dalam meningkatkan minat belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap subjek penelitian yaitu siswa kelas A1 8 orang, A2 8 orang dan kelas B 12 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Implicit Learning, Learn Through Play, dapat meningkatkan minat belajar siswa di PAUD Anggrek Al-Manan, Dusun Pasirloa, Desa Kadakajaya, dilihat dari keaktifan siswa dan antusiasme saat pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa didukung oleh metode pembelajaran yang diterapkan.
Referensi
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Wirartha, I Made. 2006. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: CV. Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nida Syifa Rohimatuzzahra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.