Seminar Anti-Bullying: Mencegah Dampak Bullying terhadap Kesehatan Mental Siswa/i di SDN Pasir Ipis
Kata Kunci:
bullying, kesehatan siswa, seminar anti-bullying, pencegahan, pendidikanAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian masyarakat, dimana mahasiswa dapat berkontribusi kepada masyarakat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak bullying terhadap kesehatan fisik dan mental siswa-siswi di SDN Pasir Ipis dan untuk mengimplementasikan seminar anti-bullying sebagai upaya pencegahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan SISDAMAS, yang melibatkan partisipasi aktif dari siswa dan guru dalam wawancara dan diskusi. Seminar yang dilaksanakan berfokus pada pemahaman tentang bullying, dampaknya, serta cara pencegahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seminar ini tidak hanya relevan dan bermanfaat, tetapi juga memberikan nilai positif dalam meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan saling menghormati. Evaluasi pasca-seminar menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam pola pikir siswa mengenai bullying, serta peningkatan keterampilan mereka dalam menghadapi situasi bullying. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru dan pihak sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung, serta menekankan perlunya program-program pencegahan bullying yang berkelanjutan di sekolah. Dengan demikian, seminar ini diharapkan dapat berkontribusi pada kesejahteraan siswa dan menciptakan budaya saling menghormati di lingkungan pendidikan.
Referensi
Adventure, Bellva. “5 Keunikan Kampung Pasir Ipis Di Lembang Bandung • Bellva Adventure....” Bellva Adventure Indonesia, November 25, 2019. https://bellvaadventureindonesia.com/5-keunikan-kampung-pasir-ipis-di-lembang-bandung/.
Inayah, Nurul. “Upaya Penanganan Bullying Melalui Penanaman Pendidikan Karakter (Studi Kasus Di Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017).” UniversitasMuhammadiyahSurakarta, 2017.
Muzdalifah, Muzdalifah. “Bullying.” Al-Mahyra: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 50–65.
Rahayu, Arum Widhi, Harto Nuroso, and SINGGIH ADHI X PRASETYA. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH ‘SHALAT BERJAMAAH.’” DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 2, no. 4 (2021): 432–37.
Safe’i, Abdulah, Akbar Ardiansyah, Aldriantara Sofyan, and Alief Fauzi Miftahul Firdaus. “Sosialisasi Anti-Bullying: Upaya Mengadakan Acara Seminar Untuk Meningkatkan Kesadaran Di Sekolah Dasar Negeri 02 Cikande.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 3, no. 8 (n.d.): 618–27. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.
Sholekhah, Ani, Kiswoyo Kiswoyo, and Khusnul Fajriyah. “Studi Kasus Bullying Di SD Negeri 2 Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.” DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 1, no. 3 (2020): 333–41.
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. PETUNJUK TEKNIS KKN SISDAMAS “Mewujudkan Rahmatan Lil Alamin.” Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2024.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dyffa Ismail, Aep Saepuloh, Fika Nur Fadhilah , Nurul Izzah Ravelina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.