Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Kosakata “Hari” dalam Bahasa Inggris pada Anak-Anak Kampung Panyeredan
Kata Kunci:
Media Lagu, Kemampuan Kosakata, Bahasa Inggris, Anak-Anak, Kampung Panyeredan, Pengucapan, Pemahaman Kosakata, Pengaruh Media PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media lagu terhadap kemampuan kosakata anak-anak dalam bahasa Inggris, khususnya kosakata "hari" pada anak-anak di Kampung Panyeredan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen pre-test dan post test dengan subjek penelitian berjumlah 11 anak. Penelitian ini dilakukan secara 4 hari, yakni di hari sabtu dan minggu dalam kurun waktu 2 minggu. Lagu yang digunakan berjudul “The Days of The Week”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lagu dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak-anak dalam bahasa Inggris, terutama kosakata "hari". Anak-anak yang mendengarkan lagu tersebut menunjukkan peningkatan skor pengucapan dan pemahaman kosakata "hari" setelah periode pre-test dilakukan. Setelah mendengar dan mengulangi lagu yang didengar, anak-anak tersebut cukup cepat dalam memahami dan mengartikan nama-nama hari. Penelitian ini menunjukkan bahwa media lagu dapat digunakan sebagai alat efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak-anak dalam bahasa Inggris.
Referensi
Aini, Miza R., dan Nohantiya P. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Bagi Siswa Desa Jatinom”. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 4, No. 3, (Agustus 2020): 338-347. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2455
Azzahra, Salsabilla. “Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 2, (12 Juli 2023): 1-9. https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/142
Astika, Yulia W., dkk. “Pemanfaatan Media Lagu Bahasa Inggris Dalam Peningkatan Penguasaan Vocabulary”. Community Development Journal, Vol. 5, No. 3, (11 Juni 2024): 4920-4923. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/28100
Harlina, Hariya., Yusuf, Fazri N. “Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 20, No. 3, (31 Desember 2020): 325-334. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/28191/13762
Holidazia, R., Rodliyah, Siti R. “Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20, No. 1, (24 April 2020): 111 - 120. https://pdfs.semanticscholar.org/c4e9/607f059461328f2619e7f5d74ebb3bc0ad99.pdf/1000
Mahardhika, F., Kusumawardani, R., & Asmawati, L. (2023). Pengaruh Media Youtube Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 7-21. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/1085
Ningsih, Dian Ayu., dkk. “Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 7, No. 2, (03 Mei 2024):92-109. https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19764
Putri, Dinda A., dkk. “Pengaruh Penggunaan Lagu Anak-Anak Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 1 SD”. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, Vol. 2, No. 3 (Agustus 2024): 144-157. https://pbsi-upr.id/index.php/atmosfer/article/view/892
Sari, I., & Ayu, F. (2021). Pemanfaatan media lagu dalam peningkatan kosa kata bahasa Inggris. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-20. https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/14
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zahra Dzakiyyah, Fairuz Khalisha Firdaus, Muhammad Khoiruddin, Ahmad Syaeful Rahman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

