PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID- 19
Kata Kunci:
Pendamping Belajar, Belajar Matematika, Covid19Abstrak
Pandemi Covid-19 mengakibatkan anak- anak harus melakukan pembelajaran secara
daring dan belajar mandiri, hal ini menjadikan orang tua memiliki peran penting
dalam kegiatan belajar anak. Namun, terbatasnya kemampuan orang tua dalam
menguasai materi khususnya pada mata pelajaran matematika menyebabkan orang
tua tidak percaya diri dalam mendampingi anak saat belajar. Hal tersebut melatar
belakangi terbentuknya program kegiatan pendampingan atau bimbingan belajar
matematika secara online ini merupakan rangkaian dari KKN- DR SISDAMAS UIN
Sunan Gunung Djati Bandung didesa Cisontrol. Tujuan dari kegiatan pendampingan
atau bimbingan belajar matematika secara online: 1) Menjadi fasilitator untuk anak
pada saat belajar matematika daring, 2) Meningkatkan pemahaman anak pada mata
pelajaran matematika, 3) sebagai program KKN- DR SISDAMAS UIN Sunan
Gunung Djati Bandung. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak- anak usia sekolah
menengah Ikatan Remaja Masjid Nurhidayyah (IRMAN). Metodologi pengabdian
KKN- DR terdiri dari 3 siklus, yaitu: refleksi sosial (social reflection), perencanaan
partisipatif (participatory planning), dan pelaksanaan serta evaluasi (implementation
and evaluation). Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dan evaluasi, ada
beberapa kendala yang dialami selama pelaksanaan kegiatan namun terlihat bahwa
anak- anak mengalami peningkatan dalam pemahaman matematikanya. Kegiatan ini
mendapatkan respon yang baik dan diharapkan bisa terus berlanjut untuk
membimbing anak- anak dalam belajar matematika.
Referensi
Abady, A. P. (2013). Perencanaan partisipatif dalam pembangunan daerah. Otoritas:
Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1).
Astuti, Reni. (2012). Pola Pendampingan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta Bagi Pekerja Rumah Tangga Berbasis Hak
Asasi Manusia. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
BPKB Jawa Timur. (2001). Modul Pendampingan. Surabaya.
Deptan. (2004). Pendampingan Masyarakat. Jakarta.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di
Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107-115.
Hastuti, N., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris
Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24-
Kemendikbud RI. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Maulana, A. H. (2018). Rendahnya Tingkat Pendidikan Dan Peran Orang Tua (Studi
Kasus Di Desa Banyuneng Laok, Kecamatan Geger, Kab. Bangkalan, Madura,
Jawa Timur). (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Nur, G. D. L. (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di
SMPN 1 Panumbangan Ciamis. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia)
Purwanto, S. E., & Kurniasih, M. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Membimbing
Matematika Anak di Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi. Jurnal SOLMA, 7(1), 120-
Rahayu, A. S. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan
Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Sub Tema Keberagaman
Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 161
Sukapura Tahun Ajaran 2017/2018). (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Sudarwati, S., & Aristyanto, D. (2017). Refleksi Sosial Dan Psikologi Tokoh Utama
Dalam Novel Narcissu Karya Tomo Kataoka. Prosodi, 11(1), 87-102.
Susanah, M. P. Matematika dan Pendidikan Matematika.
Suyono & Hariyanto. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Elly Marlina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.