Peran mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dalam meningkatkan pendidikan usia dini di paud Al-Mubarokah
Kata Kunci:
KKN Sisdamas, Pendidikan Usia Dini (PAUD), Pengabdian, Pemberdayaan MasyarakatAbstrak
Artikel ini mendokumentasikan peran KKN Sisdamas 120 dalam meningkatkan kegiatan pendidikan di PAUD Al-Mubarokah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya aktivitas belajar yang variatif dan pengajaran yang lebih terarah bagi anak-anak usia dini. Dengan melibatkan anggota KKN sebagai pengajar sukarela, kelompok ini berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Partisipasi mahasiswa dalam proses pengajaran tidak hanya mempercepat penguasaan materi, tetapi juga mendorong kreativitas anak dalam belajar. KKN berbasis pemberdayaan masyarakat di PAUD Al-Mubarokah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun keterlibatan komunitas dalam proses pembelajaran.
Referensi
- Zaenal Mukarom and Rohmanur Aziz. “Riset Aksi (Konsep, Teori, Metodologi, danAplikasi).” (March, 2023). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
- Buku kuliah kerja nyata berbasis sistem pemberdayaan masyarakat
- Juknis KKN UIN SGD 2024.
- Zaenal Mukarom and Rohmanur Aziz. “Riset Aksi (Konsep, Teori, Metodologi, danAplikasi).” (March, 2023). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
- Buku kuliah kerja nyata berbasis sistem pemberdayaan masyarakat
- Juknis KKN UIN SGD 2024.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ujang Jejen Mulyanto, Dewi Agustin, Kania Hardiyanti, Salman Alfarizi, Syifa Fauziah, Khomisah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.