Memfasilitasi Pembelajaran Kreatif Anak-Anak Kampung Cijeruk Bersama Mahasiswa KKN UIN
Kata Kunci:
Cijeruk Lembang, KKN, Pembelajaran, Pendidikan, ProgramAbstrak
Kegiatan taman belajar merupakan salah satu dari bagian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk memberdayakan pendidikan dan mengurangi ketergantuangan anak-anak terhadap penggunaan ponsel yang berlebihan diwaktu luang. Program dilaksanakan di kampung Cijeruk, Desa Lembang, berdasarkan hasil observasi lapangan dan rembug warga yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 agustus 2024 dan dihadiri oleh 30 lebih anak-anak dari berbagai jenjang usia. Program ini menggunakan metode pembelajaran berbasis pos, yang mencakup tiga topik utama: bahasa Inggris, keagamaan, dan sains. Selain sesi pembelajaran, kegiatan diisi dengan permainan yang menyenangkan untuk mempertahankan minat anak-anak terhadap kegiatan taman belajar ini. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan minat belajar dan partisipasi aktif dari anak-anak, dan secara bertahap mulai mengurangi penggunaan ponsel yang berlebihan di luar kegiatan belajar. Program ini melibatkan peran aktif masyarakat, terutama orang tua, untuk mendukung keberlanjutan pendidikan anak-anak. Dengan pendekatan komunitas yang kreatif, program ini berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di Kampung Cijeruk Desa Lembang.
Referensi
Delsiana Ina Bani, Maria Desidaria Noge, Maria Fransiska Watu. 2024. “OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA MULTILINGUAL DI SDK JOGE.” Jurnal CitraKuliah Kerja Nyata.
Rusi Rusmiati Aliyyah, Rahmawati, Widya Septriyani, Jaihan Safitri, Siti Nur Paridotul Ramadhan. 2021. “KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Shafiyya Shirayna Adzani, Bunyanun Marshus, Putri Sayyidah Alamiah, Sahril Sidik, Zahra Nur Fadillah, Yuyun Yuningsih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.