Penerapan Metode Sima'i dalam Pembelajaran Membaca Al-qur'an di Mushola Al-Hamim

Penulis

  • Qothrunnada Khoiriyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gina Roudlotul Janah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gery Humamil Hafidz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dicky Andriansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Farid Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Mengaji merupakan kegiatan belajar ilmu keagamaan yang menjadikan dasar pedoman perilaku di kehidupan sehari-hari. Mengaji Al-Qur’an sama halnya benar. TPQ Mushola Al-Hamim merupakan salah satu tempat untuk mendedikasikan pengetahuan kita sebagai mahasiswa agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dalam proses belajar al-qur’an banyak metode yang dapat dilakukan salah satunya kita menerapkan Metode Sima’I dalam membaca Al-Qur’an. Perlu Keterampilan, pengetahuan, kesabaran serta kedisiplinan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan efektif dengan adanya penelitian ini diharapkan menimbulkan dampak positif bagi lingkungan sekitar, khususnya anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengabdian, yakni metode yang menekankan pada proses pengaplikasian dari hasil penelitian ke suatu masyarakat
ditempat tertentu. Penerapan metode Sima’I pada TPQ Mushola Al-Hamim ini dapat menjadi alternative dalam membantu murid dalam menghasilkan pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Membaca al-qur’an sesuai dengan Kaidah-kaidah yang ada.menciptakan dasar keilmuan beragama untuk menghadapi zaman yang penuh kebatilan ini. Pengetahuan ilmu agama dengan mengaji menjadi kebutuhan bagi kita semua khusunya pada anak-anak yang belum memahami apa itu salah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Khoiriyah, Q., Janah, G. R., Hafidz, G. H., Andriansyah , D. ., & Maulana, M. F. (2024). Penerapan Metode Sima’i dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an di Mushola Al-Hamim. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–14. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5630

Terbitan

Bagian

Articles