Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Dasar: Studi Kasus Program Mengajar di SDN Tanjunglaya 02 melalui KKN Sisdamas
Kata Kunci:
Belajar Mengajar, KKN Sisdamas , PendidikanAbstrak
KKN Sisdamas merupakan sebuah program yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Di dalam KKN Sisdamas ini para mahasiswa ditugaskan untuk memperdayakan masyarakat agar bisa secara mandiri mengatur dan mengelola potensi di daerahnya serta mengatasi berbagai macam persoalan atau permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat itu sendiri, kegiatan KKN ini diadakan di Desa Tanjunglaya, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. KKN ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai 31 Agustus 2024. Dimana di dalam kegiatan KKN ini terdapat kegiatan mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Tanjunglaya 02. Selain itu tujuan lain ialah untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam melakukan proses mengajar dan berinteraksi dengan murid di sekolah tersebut. Metode pengabdian yang kami gunakan adalah metode sisdamas. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peran mahasiswa KKN 196 tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memastikan bahwa metode pembelajaran dapat diakses secara merata dan mendukung perkembangan setiap siswa sesuai kebutuhannya.
Referensi
Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melaui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jmm: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 663–676.
Bleedo, S., Wahidah, Y., & Garnasih, I. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Anak-Anak melalui KKN Mengajar. Jurnal Etam, 3(2), 312–319.
Hanapi, F. A., Salsabila, K. B., Mulkiyah, & Biben, R. A. (2023). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Sisdamas: Pengajaran di SD Negeri Tapananjungsari. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(8), 1–8.
Maghribi, A. M., Anisa, Marsela, A., Syamila, & Sari, L. K. (2024). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Mlalui Kegiatan KKN Mengajar Mengaji. Berdaya: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 51–62.
Nugraha, R. D., Maharani, A. P., Rosmalia, S. S., Kristiyanto Stefanus, & Rafi, M. (2024). Implementasi Program KKN Mengajar sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa di SDN 01 Mojowarno Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(6), 198–207.
Nurfarhanah. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII(2), 14–15.
Nurida, N. A. (2019). Media Audio Visual Aids (AVA) Dalam Pembelajaran Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–12.
Primasasti, G. C. A., Arini, F. N., Maghfiroh, H., Aqzela, A., Putri, A. A., Rahmadani, T. S., Anandatara, R., Fridayanto, S. N., Alam, M. A.-T. S., Zakaria, L., & Setiawan, E. (2022). KKN Mengajar sebagai Alternatif Program Meningkatkan Antusiasme Belajar Anak-Anak Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara - Lampung. Jurnal Dedikasi Untuk Negeri (JDN), 1(1), 1–10.
Santie, Y. D. A., Gugule, H., Wenno, Y. H., & Mesra, R. (2023). Tantangan Mahasiswa KKN MBKM Program Studi Sosiologi Unima dalam Mengajar di SMAS PGRI Rurukan Tomohon Timur. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 152–157.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Raihan Rivaldi Malik, Deby Nurul Indah P, Irma Nurhasanah, Salsa Billa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.