Pendampingan Digital Marketing Berbasis Smartphone untuk UMKM melalui Metode Door to Door di Desa Gadobangkong
Kata Kunci:
Digital Marketing, Door to door, SmartphoneAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah mengubah cara bisnis beroperasi, termasuk di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di era digital, strategi pemasaran yang efektif sangat dipengaruhi oleh pemanfaatan teknologi digital, khususnya media sosial dan perangkat mobile. Berdasarkan observasi lapangan, pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, masih melakukan pemasaran secara konvensional. Mengingat digital marketing memiliki banyak manfaat, maka pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) didorong untuk melakukan digital marketing. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan digital marketing pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan smartphone. Metode yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode pelaksanaan, yaitu door to door, ceramah, dan praktik. Hasil dalam kegiatan ini, yaitu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat mengoperasikan Canva, Instagram, Whatsapp, dan Linktree untuk melakukan pemasaran digital.
Referensi
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. JMM Jurnal Masyarakat. 5(5), 3–9.
Della Rolamsa BR.S., Hendy A. P., Mutiara E. O., Fandyka A. M., Alldila N. A. Zahra (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan. Jurnal Bina Desa. 5(1), 96-104.
Kiky Srirejeki. (2016). Analisis Manfaat Media Sosial dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi. 7(1), 57-68
Rahmayani, M. W., Hernita, N., Gumilang, A., & Riyadi, W. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas.
Rachmad, Y. E., Erwin, E., Hamid, R. S., Suarniki, N. N., Ardyan, E., Syamil, A., & Setiawan, Z. (2023). Psikologi Pemasaran Society 5.0: Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Radja Erland Hamzah & Citra Eka Putri. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12-20.
Riza M. Yunus. (2022). Tantangan UMKM Dalam Memasuki Pemasarandigital di Masa Pandemi Covid-19. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 6(3), 1689-1698.
Muhammad Sholeh., Rr. Yuliana R., & Erma S. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4 (1), 430-436.
Melia, W. R., Nita H., Ayu G., & Wulan R. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas. 14(1), 131-140
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Rahayu, Luke Alaisa Fatihana , Fachrul Zaelani Nurdin, Metha Irmawayani Putri, M.Psi.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.