Katalisasi Program Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Keterampilan Berpikir Kritis di Madrasah Nurul Falah

Penulis

  • Ayunda Triandani UIN SGB Bandung
  • Ade Ahmad Suprianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Devia Rizky Anjani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fauzan Nalal Murom UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muchamad Haikal Hasbi Ashidiqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pojok Baca, Literasi, Madrasah Nurul Falah

Abstrak

Program “Pojok Baca” di Madrasah Nurul Falah, Desa Loa, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa. Latar belakang program “Pojok Baca” timbul dari permasalahan kurangnya fasilitas seperti buku, dan fasilitas pendukung dalam mendorong literasi siswa. Dengan adanya program ini harapan nya dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya siswa Madrasah Nurul Falah, dengan menciptakan lingkungan yang mendorong pembelajaran literasi, memperluas akses ke bahan bacaan, dan mendorong kebiasaan membaca di kalangan siswa. Jangka panjang dari program ini tidak hanya meningkatnya literasi tapi juga mendukung pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya literasi dan juga mendukung kegiatan seperti bedah buku. Metode yang kami gunakan adalah dengan sistem pemberdayaan masyarakat, yaitu dengan membantu mendorong untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat khususnya literasi bagi siswa Madrasah Nurul Falah. Dampak dari adanya program ini menunjukan keberhasilan dalam optimalisasi literasi bagi siswa , ditunjukkan dengan peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan menulis. Kesimpulannya, Program Pojok Baca ini telah mencapai tujuan untuk meningkatkan literasi di kalangan siswa Madrasah Nurul Falah, Desa Loa, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung.  

 

Kata Kunci: Pojok Baca, Literasi, Madrasah Nurul Falah 

Referensi

Coo, Reldiana Lidivika, Dimas Qondias, Pelipus Wungo Kaka, dan Maria Patrisia Wau. 2024. “Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksplorasi Gerakan Literasi Sekolah).” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 5 (1): 385–92. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1332.

Dewi, Fitri. 2021. “Pengaruh Metode Lambung TA Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa.” Jurnal Papeda 3 (1).

Mansyur, Umar, Rusdiah Rusdiah, Taufik Hidayat, dan Aulia Annisa. 2024. “Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS).” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 10 (3): 2630–38. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300.

Persada, Yuris Indria, Yulia Eka Yanti, Hendra Rustantono, dan Nabila Azzahra Bil Haqqi. 2024. “Optimalisasi Pojok Baca Kelas sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat dan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat 3 (1): 67–73. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i1.3846.

Ruslan, Wibayanti, SH. 2019. “Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019. 771.

Shofiyuddin, Muh, Fatimah Tuzzakiyah, Khusni Faidul Barokah, Dila Ayu Rindiani, Gina Sonia Failasifa, Rona Nur Rifqia, dan Muhammad Nofan Zulfahmi. 2021. “Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Purnama Desa Gemulung Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.” Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI) 3 (2): 58–63. https://doi.org/10.20885/jamali.vol3.iss2.art2.

Yulia, Anna. 2005. Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: Gramedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Triandani, A., Suprianto, A. A., Anjani, D. R., Murom, F. N., & Ashidiqi, M. H. H. (2024). Katalisasi Program Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Keterampilan Berpikir Kritis di Madrasah Nurul Falah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–13. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5587

Terbitan

Bagian

Articles