Inovasi Media Promosi dan Digitalisasi Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Desa Margajaya RW 16

Penulis

  • Rika Apriliani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Alifa Cikal Rahmaisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dzaki Zulfikar Ramdhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Sulaeman Jajuli UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ateng Supriyatna UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Digitalisasi, QRIS, Google Maps, Promosi, Banner

Abstrak

KKN Sisdamas memiliki tujuan utama yaitu pemberdayaan masyarakat . Oleh sebab itu, salah satu program kerja Kelompok KKN 255 adalah promosi serta digitalisasi UMKM yang diadakan agar dapat mengatasi kendala dalam pemasaran dan memanfaatkan teknologi digital guna memperkuat daya saing UMKM. Program ini mencakup enam UMKM yang terdapat di RW 16 yaitu Gorengan Pak Syarif, Warung Seblak Ibu Roslianti, Kedai Pop Ice Berkah Zaman Now, Seblak Parasman Nyonya, serta Warung Ibu Rini. Metode analisis dilakukan dengan wawancara serta observasi langsung. Program kerja mencakup dua aspek yaitu digitalisasi berupa pengadaan sistem pembayaran QRIS dan pendaftaran UMKM pada Google Maps serta promosi  berupa pembuatan banner yang dapat  membantu UMKM dalam membranding usahanya. Hasil dari implementasi program menunjukkan adanya peningkatan dalam efisiensi transaksi. Penerapan QRIS meningkatkan kemudahan pembayaran dan kepuasan pelanggan, sementara pendaftaran di Google Maps meningkatkan akses pelanggan ke lokasi usaha. Selain itu program kerja promosi UMKM meningkatkan visibilitas UMKM, sehingga UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa program kerja ini membantu efisiensi usaha, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta meningkatkan daya saing.

Referensi

Hasan, Hasnawiya and Haliah, Haliah and Fahdal, Muhammad Alief. “Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM.” Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2022: 43--50.

Muh. Nur Eli Brahim, M.Si. “Produk Kreatif dan Kewirausahaan: Akuntansi dan Keuangan Lembaga.” 65. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.

Pritandhari, Meyta. “Peran UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi kerakyatan.” Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia, 2022: 61.

Raharjo, Kurniawan and Dalimunte, Nia Daliana and Purnomo, Nugroho Adhe and Zen, Muhamad and Rachmi, Tiffani Novia and Sunardi, Nardi and others. “Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2022: 67--77.

Rohim, R., Erlinda, I., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. "Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online". Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 5(2), 2022: 14-29.

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. “Belanja on-line mahasiswa di era pandemi covid-19: modifikasi perilaku konsumen.” Islamic Communication Journal, 2020: 143-154.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-07

Cara Mengutip

Apriliani, R., Rahmaisa, A. C., Ramdhani, D. Z., Jajuli, M. S., & Supriyatna, A. (2024). Inovasi Media Promosi dan Digitalisasi Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Desa Margajaya RW 16. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5546

Terbitan

Bagian

Articles