Pembuatan dan Pemberdayaan Taman Baca Masyarakat di Desa Cibuntu
Kata Kunci:
Pendidikan, anak-anak, Taman Baca MasyarakatAbstrak
Kurangnya minat baca masyarakat khususnya menjadi keresahan sendiri bagi pegiat pendidikan. Sehingga dibutuhkan perhatian dan penanganan serius pula. KKN ini bertujuan untuk membuat dan memberdayakan Taman Baca Masyarakat. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui pembuatan dan pemberdayaan Taman Baca Masyarakat. Pembuatan dan pemberdayaan Taman Baca Masyarakat ini direncanakan pada refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator kemajuan anak-anak dalam segi minat bacanya. Adapun indikator keberhasilannya meliputi timbulnya motivasi anak-anak untuk membaca dan belajar juga antusiasnya warga setempat dalam meramaikan Taman Baca Masyarakat ini. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa pembuatan dan pemberdayaan Taman Baca Masyarakat memiliki potensi untuk memajukan dunia pendidikan dan diharapkan bisa menjadi motivasi anak-anak untuk semangat dalam membaca
Referensi
Ati, Sri. 2015. “Analisis Literasi Informasi Pemakai Taman Bacaan Masyarakat.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 3(1): 89–100.
Hamid, Abd, and Yanuastrid Shintawati. 2018. “Strategi Perpustakaan Kota Surabaya Dalam Mewujudkan Surabaya Sebagai Kota Literasi.” MAGISTRA: Jurnal Ilmu Manajemen 2(2): 110–21.
Jene, Octroaica Cempaka, Yuniwati BYPMYRR Yuniwati, and Yuli Rohmiyati. 2013. “Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat ‘Mortir’ Banyumanik-Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 2(2): 110–22.
Karim, Abdul. 2016. “Mengembangkan Berfikir Kreatif Melalui Membaca Dengan Model Mind Map.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 2(1).
Kusnadi, Uka. 2008. “Inovasi Teknologi Peternakan Dalam Sistem Integrasi Tanaman-Ternak Untuk Menunjang Swasembada Daging Sapi.” Pengembangan Inovasi Pertanian 1(3): 189–205.
Misriyani, Misriyani, and Sungkowo Edy Mulyono. 2019. “Pengelolaan Taman Baca Masyarakat.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 3(2): 160–72.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1): 62–71.
Shofaussamawati, Shofaussamawati. 2014. “DAKWAH AL-QURâ?? AN TERHADAP SEMANGAT ETOS KERJA.” An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam 6(2).
Sitepu, Bintang Petrus. 2012. “Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Ilmiah Visi 7(1): 42–56.
Waluyo, Yoga Tri, and Liliek Desmawati. 2015. “Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi Di Rutan Banjarnegara.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 4(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ikmal Ahmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.