Mengajarkan Kreativitas dan Kesadaran Ramah Lingkungan Melalui Pengenalan Ecoprint di SDN Cibodas 1
Kata Kunci:
Ecoprint, Lingkungan, KreativitasAbstrak
Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai anak. Di tengah tantangan lingkungan yang semakin mendesak, pengenalan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam sejak dini sangatlah penting. Salah satu pendekatan kreatif yang dapat diterapkan adalah melalui teknik Ecoprint, sebuah metode seni ramah lingkungan. Teknik ini menggunakan bahan alami seperti daun dan bunga untuk mencetak motif pada kain tanpa melibatkan bahan kimia. Penelitian ini melibatkan pengenalan teknik Ecoprint di SDN Cibodas 1 melalui program KKN SISDAMAS Kelompok 89, yang bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Kegiatan ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, di mana siswa belajar mengenai pengumpulan bahan, proses pembuatan, dan penerapan teknik pounding dalam Ecoprint. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kreativitas siswa dalam menciptakan karya seni yang unik, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan. Melalui program ini, diharapkan siswa dapat lebih menghargai alam dan memahami prinsip keberlanjutan sejak usia dini.
Referensi
Adisurya, S. I., Rachman, A., Wilastrina, A., Riyanti, M. T., & Damayanti, R. A. (2023). Penerapan Ecoprint Dengan Metode Pounding Pada Produk Bernilai Jual Bagi Remaja Karang Taruna. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1057-1066.
Hikmah, AR, & Retnasari, D. (2021). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana , 16 (1).
Ritta Humas, “Ecoprint, Inovasi Baru Membuat Motif Kain”, https://upnyk.ac.id/berita/ecoprint-inovasi-baru-membuat-motif-kain, di akses pada Selasa, 3 September 2024
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mutia Azzahra, Ina Nurseha, Nabila Silmy Amatillah, Lina Kamila Rahmasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.