Evaluasi Metode Pengajaran :Upaya Adaptasi Gaya Mengajar pada Guru MDT As-Syafi'iah Desa Ciluluk Kabupaten Bandung

Penulis

  • Amira Rahayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afieq Mufty UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabiela Rizki Alifa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang diterapkan oleh guru di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) As Syafi'iah Desa Ciluluk Kabupaten Bandung serta upaya adaptasi gaya mengajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan peserta didik, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah berusaha mengadaptasi gaya mengajar mereka dengan menerapkan berbagai metode yang lebih aktif dan menarik. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya pelatihan yang berkelanjutan dan keterbatasan sarana pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya yang lebih intensif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan menyediakan fasilitas yang memadai guna mendukung keberhasilan proses pembelajaran di MDT As Syafi'iah.

Referensi

Abidin, A. M., Sains, F., Teknologi, D., Makassar, A., Sultan, J., 63, A. N.,

Romangpolong, K., Somba Opu, K., Gowa, S., Selatan-92113, I., & Penulis, K. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). 15(1), 1–8. https://jurnal.iain-bone.ac.id

Adhandayani, A. (2020). MODUL METODE PENELITIAN 2 (KUALITATIF) (PSI 309) MODUL PERTEMUAN 7 Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif DISUSUN OLEH.

admin,+5_METODE+PEMBELAJARAN+AKTIF+DAN+KREATIF+PADA_Ariep+Hidayat_IA. (n.d.).

Billah, tasim, Yusril Hamidah Sekolah Tinggi Agama Islam Ma, I., & Aly Al-Hikam Malang, had. (2022). PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ATTARAQQIE MALANG. https://doi.org/10.32478/evaluasi

Daulay, A. M. (2022). TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT) SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN AGAMA MASYARAKAT PEDESAAN (Studi tentang Peran MDT Di Desa Dalan Lidang dan Purba Baru Mandailing Natal). 2(2).

Habil, M., Kustati, M., Amelia, R., Mahmud Yunus Lubuk Lintah, J., Kuranji, K.,

Padang, K., & Barat, S. (2024). Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Dimadrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Babussalam Desa Kotodua Assistance In Reading And Writing The Qur’an Using The Ummi Method Dimadrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Babussalam Kotodua Village. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1). https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i1.2034

Jaeni, A., Negeri, M., & Abstrak, P. (2022). Pembelajaran Berbasis E-Learning di Madrasah; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 668–678. https://doi.org/10.5281/zenodo.7084141

Lokita, I. G. A., & Utami, P. (2016). TEORI KONSTRUKTIVISME DAN TEORI SOSIOKULTURAL: APLIKASI DALAM PENGAJARANBAHASA INGGRIS (Vol. 11, Issue 01).

Sejarah Sman, G., & Rupat, I. (2021). Pengunaan Buku Teks Sejarah Indonesia pada Satuan Pendidikan Menengah atas dalam Kurikulum 2013 Anju Nofarof Hasudungan *.

Stit, S., Nusantara, P., & Ntb, L. (2019). TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika.

Sutanto, J., & Rahmawati, L. (2021). Teacher's Adaptation Strategy in Teaching Methods: A Case Study. Journal: Indonesian Journal of Educational Research.

Hasan, M., & Nurjanah, A. (2020). A Comparative Study of Teaching Methods: Adaptations in Rural and Urban Schools" Journal: International Journal of Teaching and Education.

Aziz, T., Putri, D. R. (2019). Implementation and Assessment of Flexible Teaching Methods in Islamic Educational Institutions. Journal of Educational Development.

Santoso, F., & Widodo, R. (2022). Evaluating Teaching Techniques: An Adaptation Framework. ournal of Modern Pedagogical Concepts.

Hamzah, A., & Purwanto, E. (2021). Teacher’s Adaptability in Instructional Methods: Insights from Indonesian Rural Schools. Pedagogic Innovations and Teaching Review

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Rahayu, A. ., Mufty, A. ., & Rizki Alifa, N. . (2024). Evaluasi Metode Pengajaran :Upaya Adaptasi Gaya Mengajar pada Guru MDT As-Syafi’iah Desa Ciluluk Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(1), 1–10. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5472

Terbitan

Bagian

Articles