Penyuluhan Anti-Bullying di SDN Citarik: Membangun Karakter Pelajar Pancasila dan Lingkungan Belajar Inklusif
Kata Kunci:
Bullying, lingkungan belajar, Pelajar Pancasila, penyuluhan, pendidikan karakterAbstrak
Penelitian ini membahas salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di bidang pendidikan, yaitu penyuluhan mengenai bahaya bullying di lingkungan sekolah. Penyuluhan ini dilaksanakan sebagai upaya membangun karakter Pelajar Pancasila dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah ceramah, didukung oleh media visual seperti PowerPoint dan video animasi, serta dilengkapi dengan sesi tanya jawab, kuis interaktif, dan pembagian poster edukatif. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa peserta didik masih awam tentang bullying. Mereka sering melakukan tindakan bullying tanpa menyadarinya terhadap teman sekelas. Kesimpulannya, pelaksanaan penyuluhan ini membuat peserta didik lebih mengetahui mengenai bahaya bullying dan dampak buruk yang terjadi pada korban bullying. Selain itu, penyuluhan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran peserta didik untuk lebih berhati-hati dalam berkata dan bertindak sehingga berperan dalam pembentukan karakter yang positif. Dengan membangun karakter yang positif yang sejalan dengan karakter Pelajar Pancasila, diharapkan akan terciptanya lingkungan belajar yang inklusif. Implikasi dari hasil ini menunjukkan perlunya penyuluhan serupa di sekolah-sekolah lain untuk memperkuat karakter Pelajar Pancasila.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nisa Fauziah, Aina Al Fatihah, Amalia Ananda, Alfy Awal Arrobany, Fajar Rohandy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.