Pengembangan Pengelolaan Informasi Berbasis Web Desa dalam Meningkatkan Branding Desa Pakuhaji
Kata Kunci:
Web desa, Transparasi, Pemerintahan DesaAbstrak
Kemajuan teknologi mendorong kita untuk ikut terjun mengarungi dan memaksimalkan pemanfaatan dalam ranah digitalisasi. Seperti halnya, pengembangan web desa menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan keterbukaan informasi dan transparansi dalam pemerintahan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran web desa sebagai media informasi publik dan alat transparansi bagi pemerintahan desa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di Desa Pakuhaji, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang yang sebelumnya belum meiliki web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa web desa yang dikelola dengan baik dapat memberikan akses informasi yang mudah dan cepat kepada masyarakat, memperkuat komunikasi antara pemerintah desa dan warga, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu, web desa juga berfungsi sebagai platform untuk mempublikasikan laporan keuangan, program kerja, dan kebijakan desa, yang secara signifikan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pemerintahan desa. Dengan demikian, pengembangan web desa merupakan langkah penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang lebih efektif dan transparan.
Referensi
Abraham, F. (2014). PEMANFAATAN MEDIA ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT MEDIA ONLINE UTILIZATION AS COMMUNITY’S SOCIAL INTERACTION. Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 171-184.
Aidin, Setyowibowo, B., Loda, D. Y., Hadi, M., & Maskat, S. (2021). Invasi Media Massa. Malang: Media Nusa Creative.
Fadli, A., Petrus, & Wolo. (2023). OPTIMALISASI WEB DESA PADA PENYAJIAN INFORMASI PUBLIK KEPADA MASYARAKAT DESA . Renata, 11-14.
Hartono, Utomo, D., & Mulyanto , E. (2010). ELECTRONIC GOVERNMENT PEMBERDAYAAN PEMERINTAHAN DAN POTENSI DESA BERBASIS WEB . Jurnal Teknologi Informasi, 9-21.
Intyaswono, S., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). PERAN STRATEGI CITY BRANDING KOTA BATU DALAM TREND PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu). Administrasi Bisnis, 65-73.
Muhammad, M., & Tempola, F. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI WEBSITE BLOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI HASIL BUMDES. Renata, 21-25.
Riady, I., & Hasugian, L. P. (2020). Sistem Informasi
Pelayanan Masyarakat pada Kantor Desa Tanimulya Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 67-83.
Wijaya, E. Y., Rizqiullah, N., & Ferdiansyah. (2024). Workshop KKNT: Strategi Branding Digital untuk Rintisan Desa Wisata Krampon, Sampang. Jurnal Pengabdian Sosial, 1602-1610.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sheila Mafaizah, Iwan Ridwan Yusup
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.