Pendampingan Belajar serta Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan di Kampung Tanjung saat Pandemi COVID-19
Kata Kunci:
Pendidikan, Pendampingan, Belajar, Keterampilan, PandemiAbstrak
Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat terutama dunia pendidikan. Sekolah yang dirumahkan menimbulkan permasalahan yang cukup krusial bagi perkembangan anak. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan betapa pentingnya pendampingan belajar terhadap siswa serta perlunya meningkatkan kualitas penidikan dan keterampilan di masa pandemi. Kegiatan dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung di Kampung Tanjung RT.02. Terdapat beberapa program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yakni (1) Pendampingan belajar, (2) peningkatan kualitas pendidikan , dan (3) peningkatan kualitas keterampilan. Pengabdian ini dilakukan dengan metode (1) mengajak secara langsung para siswa untuk belajar bersama, (2) mendampingi siswa untuk belajar di Saung Ilmu, (3) memberikan pelatihan komputer dan (4) mendorong orangtua untuk terus mendukung putra-putrinya untuk menempuh pendidikan hingga bangku kuliah. Program tersebut telah terlaksana dengan baik dan respon masyarakat yang sangat positif memberikan dampak yang positif pula bagi masyarakat Kp. Tanjung RT.02.
Referensi
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7 (4) 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Atsani, Lalu Gede. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandmei COVID-19. Jurnal Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam 1(1), 82-93.
Azzahra, Nadia. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies. https://doi.org/10.35497/309163
Herliandry, Luh Devi, dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan 22 (1) 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Kartono, Kartini. (1985). Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali
Kwartolo, Y. (205). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan penekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4), 98-105.
Rosidah, Ilmiyatur. dkk. (2020). Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Pendidikan di Desa Kraton Pada Masa Pandemi COVID-19. AlKhidmat : Jurnal Pengabidan Kepada Masyarakat 3 (2). https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9585
Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 13 (1), 100-110. http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Wardani, Anita & Yulia. (2020). Analisis kendala orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 772-782.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Siti Nur Azizah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.