Sosialisasi Pengenalan Seni Sastra Puisi di SDN Kasomalang Wetan II
Kata Kunci:
Akademis, Eksistensi, KKN, Sastra, masyarakatAbstrak
Artikel ini membahas mengenai sosialisasi pengenalan seni sastra puisi yang dilakukan oleh kelompok 388 KKN SISDAMAS dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung di SDN Kasomalang II di Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Seni puisi sering dikenal sebagai bentuk ekspresi tertulis yang didalamnya berisi sebuah ungkapan perasaan, pemikiran, dan pandangan hidup seseorang. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengenalkan sastra puisi kepada akademis maupun masyarakat secara umum. Langkah konkret yang diambil oleh kelompok 388 KKN SISDAMAS yaitu dengan dimulai dari siswa sekolah dasar sebagai salah satu upaya agar sastra puisi ini tetap memiliki eksistensinya baik dikalangan akademis maupun dikalangan masyarakat secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok 388 KKN SISDAMAS telah berhasil dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang menyebutkan bahwa para siswa mampu membuat sebuah karya puisi yang dikarangnya.
Referensi
Agnes Pitaloka, Amelia Sundari. “Seni Mengenal Puisi.” edited by Rosmilan Pulungan, 9. Medan: Guepedia, 2020.
Dayanti, Zeni Rahma, Resa Respati, and Rosarina Gyartini. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 04, no. 05 (2021): 5.
Huliatunisa, Yayah. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2020): 121–33.
Iryanti, V. Eny, and M. Jazuli. “Mempertimbangkan Konsep Pendidikan Seni (Considering the Concept of Art Education).” Harmonia Journal of Arts Research and Education 2, no. 2 (2001): 40–48.
Paramitha, Putu Elvira Pradnya. “Upaya Pengembangan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan.” Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin 3, no. 4 (2023): 479–92.
Simbolon, Jessyca. “Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Literasi Di Sekolah.” JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 01 (2023): 162–71.
Supriyadi, Hariyanto, Eli Rustinar, Elyusra Elyusra, Sakroni Sakroni, and Man Hakim. “Pendampingan Meningkatkan Minat Literasi Sastra Puisi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah.” AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 08 (2022): 1036–44.
Widananta, Marcelinus. “Sastra Dalam Pendidikan Berkarakter: Mewujudkan Pembelajaran Yang Berarti.” Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 3 (2023): 74–82.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Iki Dzikri Amidan, Farhan Bahrul Ulum, Muhamad Nur Irfan Yusuf, Ria Nur Alifa, Arip Budiman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.