Program Salam Adenan Sebagai Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar di SDN Panenjoan

Penulis

  • Puteri Hasna Nurhanifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Haniyatuzzahroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fahmi Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raihan Siti Fauzzi’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fajar Rohandy UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Sekolah Alam, Pendidikan Kontekstual, Literasi, Motivasi Belajar, SDN Panenjoan

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai upaya meningkatkan motivasi belajar di SDN Panenjoan. Terdapat beberapa permasalahan yang ada di SDN Panenjoan yaitu rendahnya literasi, rendahnya motivasi belajar dan kurangnya fasilitas yang ada di SDN Panenjoan, baik sarana, maupun fasilitator atau tenaga pengajar. Program Sekolah Alam untuk anak-anak di Desa Panenjoan dirancang untuk menggabungkan pendidikan formal dengan pengalaman belajar langsung di alam terbuka. Program ini bertujuan untuk memperkaya proses belajar-mengajar dengan cara yang lebih kontekstual dan relevan bagi kehidupan sehari-hari anak-anak desa. Metode ini diharapkan dapat membangun kedekatan antara guru dan siswa, meningkatkan semangatat belajar, serta membentuk karakter positif pada siswa. Hasil dari implementasi program ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas, serta adanya perbaikan dalam hasil belajar mereka. Program ini juga mendapatkan respon positif dari para guru, dan orang tua, yang melihat perubahan periku siswa ke arah yang lebih baik, dengan demikian, Salam Adenan diusulkan sebagai strategi yang efektif untuk diterapkan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Panenjoan.

Referensi

Anggraini, Sintia, and Sukartono Sukartono. ‘Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 6, no. 3 (7 May 2022): 5287–94. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071.

Hendrizal. ‘RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN’. JURNAL RISET Pendidikan Dasar Dan Karakter Vol. 2 N o. 1 (n.d.).

Lidia, Lidia, Mansur Mansur, and Ricka Tesi Muskania. ‘STRATEGI THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM’. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (27 October 2018): 124–28. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1567.

Megasari, Rika. ‘PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 5 BUKITTINGGI’ 2 (2014).

Nurpratiwiningsih, Laelia, Rusdarti Rusdarti, Joko Widodo, and Tjaturahono Budi Sanjoto. ‘Implementasi Literasi di Sekolah Dasar’, n.d.

Santosa, Dwi Tri, and Us Tawardjono. ‘FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DAN SOLUSI PENANGANAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR’. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, n.d.

Shelty D.M. Sumual, Paulus R. Tuerah. ‘Kegiatan Literasi Dasar dan Minat Baca Siswa SD Kelas Rendah’, 30 April 2023. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7935253.

Valentina, Tasya, Susanti Faipri Selegi, and Ilham Arvan Junaidi. ‘STRATEGI MENINGKATKAN LITERASI BACA SISWA SEKOLAH’, n.d.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-07

Cara Mengutip

Puteri Hasna Nurhanifah, Haniyatuzzahroh, Fauzi, M. F., Fauzzi’ah, R. S. ., & Fajar Rohandy. (2024). Program Salam Adenan Sebagai Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar di SDN Panenjoan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–17. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5330

Terbitan

Bagian

Articles