Gerakan Maghrib Mengaji: Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak-Anak
Kata Kunci:
Gerakan Maghrib Mengaji, Mengaji, Al-Qur’anAbstrak
Kegiatan Maghrib Mengaji merupakan suatu upaya dalam meningkatkan minat dan kemampuan anak-anak membaca Iqra dan Al-Qur’an di RT 01 RW 07 Desa Panenjoan, Kec. Cicalengka. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan perhatian anak-anak terhadap kegiatan keagamaan, memberikan kesadaran kepada orang tua untuk dapat membimbing anak-anaknya mengaji, serta meningkatkan kemampuan membaca Iqra dan Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan anak-anak, orang tua, dan tokoh masyarakat. Menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kegiatan Gerakan Maghrib Mengaji ini menciptakan pengaruh yang positif bagi masyarakat setempat, yaitu dengan adanya peningkatan minat dan kemampuan anak-anak membaca Iqra dan Al-Qur’an, serta adanya perhatian dari orang tua peserta. Dengan demikian, Gerakan Maghrib Mengaji tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak tetapi juga mempererat hubungan antara orang tua dan anak-anak dalam konteks pendidikan keagamaan.
Referensi
Arifin, Indar. 2022. “Agama Dalam Pelaksanaan Dan Kemenangan Pemilu Pilpres, Sebagai Sebuah Realitas Politik Di Indonesia.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8 (4): 1049. https://doi.org/10.29210/020221706.
Ditha Prasanti, Kismiyati El Karimah. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Membentuk Komunikasi Keluarga Islami Di Era Digital.” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12 (1): 195–212.
Pratikno, Ahmad Sudi, Islam Al-Falah As-Sunniyah, Jawa Timur B Sumantri, Kepala Sekolah, Sdn Gadingrejo, and Jawa Timur. n.d. “Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak.”
Putra, Handal Pratama. 2021. “Implementasi Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji Dalam Upaya Pembinaan Keagamaan Di Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.” El-Tarbawi 14 (1): 47–66. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol14.iss1.art3.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Insan Radhiyan Nurrahim, Fitrah Yasinta, Khaerunnas Ramdhan, Fajar Rohandy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.