Seminar “Sekolah Ramah Anti-Bullying” Sebagai Implementasi Pencegahan Preventif Terhadap Bullying Pada Siswa Kelas III Dan IV SDN Nagrak Ciater Subang
Kata Kunci:
Bullying, Desa Nagrak, Penyuluhan, Upaya PencegahanAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kasus Bullying di lingkungan sekolah yang berdampak negatif bagi korban maupun pelaku. Bullying dapat berupa tindakan fisik, verbal, maupun psikologis yang dilakukan secara berulang oleh individu atau kelompok yang merasa lebih kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan edukasi anti-Bullying kepada siswa kelas III dan IV SDN Nagrak Kec. Ciater Kabupaten Subang sebagai upaya preventif meminimalisir angka kasus Bullying di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosialisasi interaktif yang melibatkan diskusi, tanya jawab, pemberian hadiah, dan ice breaking. Pelaksanaan program terbagi menjadi tahap pra-pelaksanaan (observasi, analisis sosial, koordinasi dengan pihak sekolah) dan tahap pelaksanaan (sosialisasi dengan tema "Bermain Bersama, Saling Menjaga, Lawan Bullying" menggunakan metode presentasi, video animasi, dan lagu edukatif). Hasil penelitian menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa dalam mengikuti sosialisasi dan pemahaman yang baik mengenai Bullying dan cara mencegahnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya edukasi anti-Bullying sejak dini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif bagi proses belajar. Implikasi hasil penelitian adalah perlunya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Bullying di lingkungan sekolah.
Referensi
Achmad, M. S. I., Fatimah, D. N., Silviani, E., Maulana, M. K., Solehudin, M., Salsabila, A. I., & Khudori, M. (2024). Sosialisasi Anti Bulying Sebagai Sarana Mempersiapkan Generasi Emas Sdn 1 Kumpulrejo. Jurnal Kemitraan Masyarakat, 1(4), 20-27.
Baihaqi, A. A., Wangkasa, N. B. D., & Febrianita, R. (2024). Sosialisasi Anti Bullying dalam Menciptakan Siswa yang Berlingkungan Karakter di MI Zumrotul Faizin. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 260-266.
Barsah, Z. (2024). Fenomena Bullying Terhadap Kenyamanan Belajar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), 92-98.
Hertinjung, W.S. 2013. Bentuk-bentuk Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. ProsidingSeminar Nasional Parenting 2013, hal 450-458
Kurniawan, M., Hidayat, M. F., Muslikah, A., Pratiwi, N., & Sari, D. I. (2024). Upaya Edukasi Anti Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit. Abdimas Indonesian Journal, 4(2), 197-202.
Rosmi, F., Kartikasari, P., Yuningsih, S., & Anggraeni, L. (2023). Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 84-101.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Wijaya, K., & Mustakimah, M. (2024). Sosialisasi Anti Bullying dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pencegahan Kasus Bullying di Sekolah. Solusi Bersama: Jurnal Pengabdian dan Kesejahteraan Masyarakat, 1(3), 136-142.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Frevy Maharani, Aulia Dwi Mutiarani, Gebrina Assyarifah Rahmayanti, Rani Maulidyaningrum
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.