Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Sosialisasi Stop Bullying dan Bahaya Kecanduan Gadget

Penulis

  • Wildan Hadiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bullying, kecanduan bermain gadget, program pengabdian, KKN.

Abstrak

Tindakan Bullying dan kecanduan bermain gadget pada anak merupakan dua masalah serius yang memerlukan perhatian khusus dari masyarakat, orang tua, dan pihak pendidikan. Bullying menjadi bentuk perundungan yang umumnya sering ditemukan di lingkungan sekolah. Adapun kecanduan gadget adalah kondisi Dimana penggunaan atau bermain gadget secara berlebih sehingga menimbulkan dampak buruk bagi Kesehatan anak terutama ke bagian mata. Program sosialisasi “Stop Bullying” dan “Kecanduan Bermain Gadget” di SDN 2 Pagerwangi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa mengenai dampak negatif bullying dan kecanduan bermain Gadget serta cara pencegahannya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini diantaranya seperti penyuluhan, materi Power Point, penayangan video, dan poster edukasi. Hasil dari program ini menunjukkan tingkat pemahaman siswa yang cukup baik dalam mengenali tanda- tanda, bentuk, dan dampak bullying serta pentingnya penggunaan Gadget secukupnya. Peran aktif guru dan orang tua dalam mendukung dan mengawasi anak-anak mereka juga sangat penting untuk keberhasilan program ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Wildan Hadiansyah. (2024). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Sosialisasi Stop Bullying dan Bahaya Kecanduan Gadget . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–9. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5213

Terbitan

Bagian

Articles