Membentuk Generasi Unggul yang Religius dan Saintifik: Studi Kasus Implementasi Program Keagamaan, Sosialisasi Anti-Bullying, Program Literasi, dan Kegiatan Fun Science di RW 05 Desa Bunihayu
Kata Kunci:
Berkarakter, Bunihayu, cerdas, gaya belajar, KKN, kualitas pendidikan, masyarakat, partisipasi, pelayanan masyarakat, pemberdayaan pemuda, pengabdian, program, religius, tantanganAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas yang dilaksanakan di Desa Bunihayu, RW 05, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberdayaan generasi muda. Melalui serangkaian kegiatan seperti lomba keagamaan, pembuatan pohon literasi, sosialisasi anti-bullying, dan fun science, program ini berhasil meningkatkan partisipasi anak dalam seluruh rangkaian kegiatan. Namun, pelaksanaan program juga menghadapi beberapa tantangan seperti terdapat siswa/i yang masih kesulitan dalam mengikuti instruksi dan terdapat fasilitas yang terbatas juga menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan.
Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu dilakukan upaya seperti meningkatkan gaya belajar dan metode pembelajaran yang dimana anak-anak mendapatkan informasi baru, dan proses yang mereka gunakan untuk belajar. Ada yang lebih visual, auditori, atau kinestetik.. Secara keseluruhan, program KKN ini memberikan kontribusi yang berarti dalam membentuk generasi muda yang religius, cerdas, dan memiliki karakter yang baik.
Referensi
Alfiah. (2006). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan Terhadap Peningkatan Nilai Spiritual Siswa di MAN 1 Watampone. Jurnal Pendidikan Islam; Prodi PAI Pascasarjana IAIN Watampone, 46–55. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/view/791%0Ahttps://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/download/791/534
Andrean W. Finaka, Yuli Nurhanisah, Chyntia Devina. 2023. Https://Indonesiabaik.Id/Infografis/Orang-Indonesia-Makin-Gemar-Baca. 2023.
Risaldy, Sabil. 2004. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukarto, Maulida Arum Fitriana, Aswiatun Hasanah. 2022. “Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di SDN 1 Gondang Kecamatan Gangga Lombok Utara Tahun 2021.” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 7 (2):527–31.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fithri Nur'aini, Dikri Abdul Jabar Ahmad, Habil Ramadhan, Moch Farhan Rojali, Zammara Hasya Arcdyan, Ea Cahya Septia Mahen, M.Si.

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

