Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme Siswa SDN SUKAMAJU 02 Melalui Perlombaan HUT RI ke-79

Penulis

  • Azhima Alfitri Syifa Munggaranti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nunu Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Resti Awalinda UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Nasionalisme, Perlombaan, HUT RI, Pendidikan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) Sukamaju 02 melalui kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79. Kegiatan perlombaan yang diadakan meliputi berbagai jenis lomba yang dirancang untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, kerja sama, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlombaan efektif dalam mengajarkan nilai-nilai nasionalisme kepada siswa, meskipun masih terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya pemahaman mendalam siswa tentang nasionalisme dan hafalan lagu-lagu nasional. Melalui sosialisasi dan peningkatan kegiatan yang berkaitan dengan nasionalisme, diharapkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai tersebut dapat lebih diperkuat.Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) Sukamaju 02 melalui kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79. Kegiatan perlombaan yang diadakan meliputi berbagai jenis lomba yang dirancang untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, kerja sama, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlombaan efektif dalam mengajarkan nilai-nilai nasionalisme kepada siswa, meskipun masih terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya pemahaman mendalam siswa tentang nasionalisme dan hafalan lagu-lagu nasional. Melalui sosialisasi dan peningkatan kegiatan yang berkaitan dengan nasionalisme, diharapkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai tersebut dapat lebih diperkuat.

Referensi

Amanah, R., Reni Purnama, Raodatun, Nurfitratul Aqidah, Dhaniar Salsabila, Armiati, & Abdul Fisal. (2023). Memumbuhkan Semangat Jiwa Naionalisme Melalui Semarak Kegiatan Lomba 17-an Oleh KKN UMMAT-37 di Desa Sandue, Kabupaten Bima. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 574–582. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1524

Kartini, A., Septiani, I. A., & Rustini, T. (2024). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Kemerdekaan Indonesia.

Lisnawati, L. P. L., Dayanti, S., & Juhana, J. (2023). NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS Hari Kemerdekaan 17 Agustus adalah momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan dan memperingati kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda . Merayaka. 279–284.

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme. 112.

Wibowo, A. M. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Agama Pada Sekolah Menengah Atas Di Perbatasan Negara: Implementasi Di SMAN 1 Jagoibabang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat. Penamas, 28(3), 395–412.

Amanah, R., Reni Purnama, Raodatun, Nurfitratul Aqidah, Dhaniar Salsabila, Armiati, & Abdul Fisal. (2023). Memumbuhkan Semangat Jiwa Naionalisme Melalui Semarak Kegiatan Lomba 17-an Oleh KKN UMMAT-37 di Desa Sandue, Kabupaten Bima. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 574–582. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1524

Kartini, A., Septiani, I. A., & Rustini, T. (2024). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Kemerdekaan Indonesia.

Lisnawati, L. P. L., Dayanti, S., & Juhana, J. (2023). NASIONALISME SISWA SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS Hari Kemerdekaan 17 Agustus adalah momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan dan memperingati kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda . Merayaka. 279–284.

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme. 112.

Wibowo, A. M. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Agama Pada Sekolah Menengah Atas Di Perbatasan Negara: Implementasi Di SMAN 1 Jagoibabang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat. Penamas, 28(3), 395–412.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Alfitri Syifa Munggaranti, A., Nunu Nugraha, & Resti Awalinda. (2024). Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme Siswa SDN SUKAMAJU 02 Melalui Perlombaan HUT RI ke-79 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–15. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5173

Terbitan

Bagian

Articles