Mengoptimalkan Penjualan Produk Pengrajin: Kolaborasi Karang Taruna dan Komunitas Pengrajin dalam Digitalisasi Pasar

Penulis

  • Agitsni Aulia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahadian Fathurahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ghilman Hizbul Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aziz Abdurrahman Nugroho UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Digitalisasi, Karang Taruna, Kerajinan, Pemasaran.

Abstrak

Digitalisasi telah mengubah sektor ekonomi, termasuk dalam sektor kerajinan tangan, dengan memungkinkan produk yang sebelumnya dijual secara konvensional dipasarkan lebih luas melalui platform digital. Program ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan pengrajin lokal melalui optimalisasi media sosial, dengan melakukan kolaborasi dengan Karang Taruna yang berperan sebagai pengelola media sosial. Program ini menggunakan pendekatan sistem pembangunan masyarakat (sisdamas), yang mencakup empat tahap utama: sosialisasi awal, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif, dan implementasi program. Hasil penelitian menunjukkan terbentuknya komunitas pengrajin sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan mereka. Selain itu, kolaborasi dengan Karang Taruna berhasil mengintegrasikan pemasaran digital melalui platform seperti Instagram dan WhatsApp Business, yang secara signifikan meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Digitalisasi ini terbukti mampu memperluas jangkauan pasar para pengrajin, sekaligus mendorong peningkatan penjualan secara keseluruhan.

Referensi

Achmad Solechan, Toni Wijanarko AP, Budi Hartono. 2023. “Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar.” JURNAL INFORMATIKA UPGRIS 2477-6645.

Darsono, dkk. 2023. “Dinamika Kolaborasi Industri dalam Ekosistem Ekonomi Kreatif : Studi Literatur.” Jurnal Pendidikan TAmbusai 5185-5192.

Laily Bunga Rahayu, Nur Syam. 2021. “Digitalisasi Aktifitas Jual Beli di Masyarakat Perspektif Teori Perubahan Sosial.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 672-685.

Nugraha, Andang Saehun dan Fitriyani. 2019. “KKN Sisdamas : Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengguna Smarthphone Untuk Marketplace.” Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 15-25.

Soetomo. 2008. Strategi - Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Agitsni Aulia Putri, Fathurahman, R. ., Islam, G. H. ., & Nugroho, A. A. . (2024). Mengoptimalkan Penjualan Produk Pengrajin: Kolaborasi Karang Taruna dan Komunitas Pengrajin dalam Digitalisasi Pasar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5171

Terbitan

Bagian

Articles