Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan di SDN Ciwaruga 1 (Sampahku Tanggung Jawabku)

Penulis

  • Rizki Nurazizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Helmy Ramzi Mushory UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurmuzaki Husni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saarah Adzraadhiyaa Malaekaramaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tutur A'fif Dafala Suherman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Revolusi industri pada abad ke-19, yang mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, menjadi salah satu tanda munculnya globalisasi. Di Indonesia, globalisasi secara fisik ditunjukkan melalui pesatnya perkembangan pembangunan nasional. Namun, pembangunan yang pesat ini berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan alam dalam waktu singkat. Pola perilaku tersebut tentu berdampak pada penurunan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Salah satu metode efektif untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana adalah melalui pendidikan. Siswa di sekolah mencerminkan masyarakat di masa depan, sehingga sangat penting untuk memulai pembentukan karakter peduli lingkungan dan kesiapsiagaan bencana sejak mereka masih di bangku sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan begitu, penelitian ini kami gunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik dalam pengumpulan data. program "Sampahku Tanggung Jawabku" di SDN Ciwaruga 1 telah memberikan dampak positif dalam pembentukan perilaku peduli lingkungan pada siswa

Referensi

Elmy, M., & Winarso, H. P. (2020). Kepedulian Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan (Studi terhadap Warga di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin). In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 5, No. 1, pp. 88-92).

Hadi, H., & Subhani, A. (2017, October). Internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa sekolah melalui program Geography Partner Schools. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 176-188).

Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). Analisis sikap peduli lingkungan siswa di salah satu MAN pada materi pelestarian lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(1), 111-116.

Rahmawati, I., & Suwanda, I. M. (2015). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 71-78.

Sudrajat. (2018). Pengelolaan Sampah Berkelanjutan: Tantangan dan Solusi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suyadi. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyadi. (2015). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandhari, C. A., Zulfiati, H. M., & Rahayu, A. (2019, April). Peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik di kelas IV SD 1 Sewon. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-07

Cara Mengutip

Rizki Nurazizah, Helmy Ramzi Mushory, Nurmuzaki Husni, Saarah Adzraadhiyaa Malaekaramaeni, Tutur A’fif Dafala Suherman, & Tika Karlina Rachmawati. (2024). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan di SDN Ciwaruga 1 (Sampahku Tanggung Jawabku). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–14. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5153

Terbitan

Bagian

Articles