Analisis Dampak Perilaku Verbal Bullying Terhadap Motivasi Belajar dan Self Confident Siswa di SDN Mekarsari Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci:
bullying verbal, kepercayaan diri, motivasi belajar, pendidikan, intervensiAbstrak
Bullying, khususnya verbal bullying, merupakan masalah signifikan di lingkungan pendidikan yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan emosional dan prestasi akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh verbal bullying terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa di SDN Mekarsari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, mencakup wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verbal bullying sering kali mengakibatkan penurunan kepercayaan diri dan motivasi
belajar, dengan dampak yang berbeda-beda pada setiap individu. Studi kasus pada siswa kelas IV, SR dan NT, mengungkapkan bahwa SR menjadi pendiam dan kurang termotivasi, sementara NT menunjukkan perilaku agresif dan kesulitan dalam mengendalikan emosi. Penelitian ini menekankan perlunya kesadaran lebih tinggi di kalangan guru dan staf sekolah tentang tanda-tanda bullying serta pentingnya intervensi yang tepat untuk mendukung korban. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya upaya bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nadhira Syifa Awliya, Liqa Nur Aliyah, Nabil Sidqi Ath Thariq, Syfa Aulia Ihsani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

