Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Melalui Media Digital di Desa Cimanggu

Penulis

  • Chadijah Al Qubro Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fatimah Az Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nizar Nur Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ullima Iffah Shandana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Engkos Koswara UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Pemasaran Digital, KKN Sisdamas, Pengabdian

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata tahun 2024 menggunakan model KKN Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Tema Kuliah Kerja Nyata ini adalah peningkatan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui media digital di Desa Cimanggu. Penulis merancang beberapa program khusus yang berkaitan dengan tema KKN Sisdamas, dengan mempertimbangkan potensi produk lokal seperti Tomkur (manisan tomat) dan cemilan Ikan Pepetek. Program-program yang telah dirancang antara lain: 1) sosialisasi tentang pemasaran digital untuk UMKM, 2) pelatihan pengemasan dan pemasaran produk, 3) pendampingan dalam pembuatan akun media sosial, 4) evaluasi kualitas produk, dan 5) pengembangan identitas produk. Metode pengabdian menggunakan langkah observasi dan pendampingan.

Referensi

Aditya, None Robby, and None R Yuniardi Rusdianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 2 (June 21, 2023): 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386.

Afiah, Nur, Muhammad Hasan, Ratnah S, and Nur Arisah. “Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner Di Kota Makassar.” Ideas Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya 8, no. 4 (November 10, 2022): 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040.

Charis, Jessica Caroline, Geraldo Valentino Rotty, Ardina Lukita Wiraputra, and Rizaldi Parani. “Kekuatan Pemasaran Digital: Analisis Dampak Iklan, Celebrity Endorsement, Dan Influencer Marketing Terhadap Niat Beli Konsumen.” JKOMDIS Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial 3, no. 3 (November 1, 2023): 709–14. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1217.

Ranti, Ranti Febrianti, Putri Nuraini, and Ricky Firmansyah. “Strategi Promosi Pada Aplikasi TikTok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM.” JURNAL EKONOMI PERJUANGAN 4, no. 2 (December 14, 2022): 76–80. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121.

Setyadi, Heribertus Ary, Galih Setiawan Nurohim, Wawan Nugroho, and Sutanto Sutanto. “TikTok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Witpari Karanganyar.” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (April 3, 2023): 1–8. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1726.

Wahyuningsih, Sri. “PERANAN UKM DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA.” Wahyuningsih | MEDIAGRO, 2009. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/Mediagro/article/view/890/1002.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Al Qubro, C., Zahra, F. A., Ramadhan, N. N., Shandana, U. I., & Koswara, E. (2024). Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Melalui Media Digital di Desa Cimanggu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5058

Terbitan

Bagian

Articles