Efektivitas Metode Storytelling Pada pembelajaran di SDN 01 Cikasungka
Kata Kunci:
Storytelling, pendidikan, KKN, program, siswaAbstrak
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan ketertarikan serta fokus belajar siswa kelas 1 dan 2 di SDN 01 Cikasungka. Storytelling yang melibatkan pemaparan cerita dengan narasi yang kreatif dan interaktif dilakukan selama tiga minggu. Penelitian ini menggunakan desain perbandingan dua metode, pada pekan pertama peneliti menggunakan metode mengajar yang konvensional dan di pekan selanjutnya peneliti mulai menggunakan metode storytelling. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, kuesioner yang dapat mengukur sejauh mana pengetahuan siswa, dan wawancara sederhana dengan guru. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada ketertarikan siswa pada metode storytelling. Saat dilaksanakan pembelajaran dengan metode storytelling siswa menunjukan partisipasi yang lebih aktif, fokus yang lebih baik, dan minat yang lebih besar terhadap materi yang disampaikan. Observasi lapangan mengungkapkan bahwa siswa lebih aktif berinteraksi dan menunjukan ketertarikan yang mendalam. Selain itu siswa juga merasa lebih terhibur dan tidak cepat merasa bosan. Hasil wawancara sederhana dengan guru juga menunjukan bahwa metode storytelling mempermudah proses belajar mengajar dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini memberikan bukti bahwa storytelling bisa menjadi alternatif yang baik dan efektif dalam proses belajar mengajar khususnya pada siswa kelas 1 dan 2 SDN 01 Cikasungka. Hasil dari penelitian ini juga bisa menjadi saran untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan inovatif melalui metode storytelling.
Referensi
Bruner, J. S. (1996). The Culture of Education. Harvard University
Dewantara, K. H. (1967). Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Geminastiti, W. (2020). Pembelajaran Sebagai Proses Transformasi Pengetahuan. Teori dan Praktik Pembelajaran di Sekolah dasar.
Izzati, N., & Yulsyofriend. (2020). Peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 474.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Rineka Cipta.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children (M. Cook, Trans.). International Universities Press.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana Prenada Media Group.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hany Silvia Azzahra, Indri Khairunnisa, Imam Sayyid Rahman, Muhammad Dadan Ramdhan Gunardi, Raihan Arkan Rabani, Ucin Muksin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.