Peran E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran UMKM Ubi Madu Desa Neglasari Majalaya

Penulis

  • Rusmulyadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Haekaludin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indah Risa Maulida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Maulidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Iqbal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

E-Commerce, UMKM, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Peningkatan pesat teknologi informasi dan komunikasi, khususnya platform e-commerce, membuka peluang baru bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Artikel ini mengkaji peran e-commerce dalam upaya meningkatkan pemasaran UMKM Ubi Madu di Desa Neglasari, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan melalui metode pengabdian masyarakat dengan fokus pada pembinaan dan pelatihan bagi UMKM Ubi Madu dalam mengelola dan memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee dan Gofood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce terbukti efektif dalam meningkatkan pemasaran UMKM Ubi Madu, dengan peningkatan penjualan dan jangkauan pasar yang lebih luas. Pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepada UMKM Ubi Madu mengenai strategi pemasaran digital, cara menggunakan platform e-commerce, dan pengelolaan marketplace terbukti meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan bisnis. Artikel ini menyimpulkan bahwa e-commerce memiliki potensi besar untuk membantu UMKM di daerah pedesaan dalam mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Referensi

Databoks. 2021. Jumlah E-Commerce di Jawa Barat Terbayat Nasional. 17 Desember. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/17/jumlah-e-commerce-di-jawa-barat-terbanyak-nasional.

Elsya Ananda Sahrul, Kartika Nuringsih. 2023. “PERAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL DAN DIGITAL TRANSFORMATION UNTUK PENINGKATAN KINERJA BISNIS UMKM.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Haryati, Tati. 2024. E-Commers Untuk UMKM. Bandung: WIDINA MEDIA UTAMA.

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Electronic Commerce: Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya. Bandung: APTIKOM.

Irawan, Bambang. 2023. KONSEP DASAR E-BUSINESS. Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Saroyo, Dorry Paramitasari. 2023. “PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM.” Economics Business Finance and Entrepreneurship.

Siahaan, Albert Lodewyk Sentosa. 2023. E-Commers. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Tukino, Dahlan Abdullah, Mekar Meilisa Amalia, Yudi Nur Supr. 2023. Strategi Bisnis E-Commerce. Medan: Yayasan Kita Menulis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Rusmulyadi, Haekaludin, A., Maulida, I. R., Maulidah, N., & Iqbal, M. (2024). Peran E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran UMKM Ubi Madu Desa Neglasari Majalaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–9. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5038

Terbitan

Bagian

Articles