Efektivitas Program Kerja Pendampingan Belajar terhadap Minat Belajar Anak di Era Pandemi

Penulis

  • Andika Rizki Ghiffari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erfinna Ardia Malahayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yumna Rais UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, Efektivitas, Minat belajar

Abstrak

Wabah penyakit virus covid-19 yang melanda  Indonesia sejak awal tahun 2020 mengakibatkan pengaruh yang buruk di berbagai  bidang terutama bidang pendidikan, perubahan teknis pembelajaran yang membuat anak anak harus kembali beradaptasi dengan kebiasaan baru yang semulanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka kini harus melakukan pembelajaran secara daring dengan adanya perubahan secara tiba-tiba yang terjadi pada kegiatan belajar mengajar pada anak anak mengakibatkan penurunan daya berpikir dan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran di sekolah  sehingga dibutuhkan adanya dorongan baru berupa motivasi kepada anak-anak agar dapat kembali memulihkan semangat mereka dalam belajar. Oleh sebab itu program kerja pengabdian masyarakat yang terlaksana difokuskan pada bidang pendidikan sebagai bentuk bahan pengajaran tambahan agar dapat lebih memahami dan mengingat kembali apa yang telah mereka dapatkan dalam pengajaran disekolah lalu memotivasi dan mengingatkan kembali tugas utama mereka saat ini yaitu belajar dengan giat karena ditemukannya permasalahan yang menjadi problematika dan keresahan utama para orangtua di era sekarang karena anak-anak lebih menghabiskan waktu belajarnya dengan hal lain seperti bermain gadget dan games online. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dimana kualitatif sendiri mengharuskan peneliti untuk dapat menganalisa berbagai sumber untuk dijadikan pedoman dalam penelitiannya serta mengembangkan teori melalui data yang telah diperoleh dari lapangan. Program kerja pendampingan belajar yang dilaksanakan di desa batujajar barat dapat memulihkan  semangat belajar pada anak anak di era pandemic dengan adanya inovasi metode pengajaran yang berbeda mendapatkan antusiasme yang positif dengan banyaknya partisipan yang mengikuti program pendampingan belajar tersebut dapat menarik kembali minat belajar anak.

Referensi

Mahmudi.(2016).Manajemen Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Mardiasmo.(2017). Perpajakan. Yoyakarta: Andi.

Mardiasmo.(2016).Efisensi dan Efektivias

.Jakarta:Andy.

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung., 2014.

Satori, Djam’an, dan Komariah Aan. Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2013 Sumodiningrat, Gunawan.

Pemberdayaan Masyarakat dan JPS. Jakarta: PT Gramedia. 2009

Irham Fahmi, Pengantar Sumber Daya Manusia Konsep Dan Kinerja, (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016)

Mathis dan Jackson, Manajenen Sumber Daya Manusia, Penerjemah: Diana Angelica, (Jakarta: Salemba Empat, 2006)

Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, (Remaja Rosda Karya, 2013

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Ghiffari, A. R., Malahayati, E. A., & Rais, Y. (2021). Efektivitas Program Kerja Pendampingan Belajar terhadap Minat Belajar Anak di Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(40), 39–54. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/502

Terbitan

Bagian

Articles