PENYULUHAN STOP BULLYING SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN

Penulis

  • Agisna Rahmadiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dilla Yuliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dii Rahmawati3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Putri Sepsarani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanda Fuziany Bunga Syamputri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathurrahman Muhammad Basyari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bullying, Lingkungan Sekolah, Penyuluhan, Siswa

Abstrak

Artikel ini membahas pelaksanaan kegiatan penyuluhan stop bullying di SDN Ciater sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman dengan mengedukasi siswa-siswi kelas 4 hingga 6 tentang dampak negatif bullying, baik dari segi psikologis maupun hukum. Penyuluhan ini dilakukan melalui sosialisasi, diskusi, dan sesi konseling kelompok. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pernah mengalami bullying, baik fisik maupun verbal, namun sering kali tidak memahami batas antara candaan dan bullying. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying.

Referensi

Atmojo, B. S. R., & Wardaningsih, S. (2019). Peran guru dalam mencegah perilaku bullying. Vol 10, No 2. https://doi.org/10.36308/jik.v10i2.164

Chrysan, E. M., Rohi, Y. M., & Apituley, D. S. F. (2020). Penerapan Sanksi Tindakan Anak Yang Melakukan Bullying Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Jurnal Hukum Magnum Opus, 3(4), 162–172.

HARTANTO, D. (2023). Sosialisasi Penerapan Sekolah Bebas Perundungan (Bullying) Pada Guru-Guru Di Desa STUNGKIT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 76–84.

Paramesti, N. Z., Prawira, R. N., Azahra, M., Farandy, F., Andhiyo, I. G. B., Izzati, A. P., Haryani, D. S., Mahardika, A., Ardhika, W. A., & Mulyadi, M. (2024). Peran Negara, Masyarakat, dan Keluarga untuk menanggulangi Bullying dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak. Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12.

Yani, S., Hasanah, S. S. M., Aeni, A. G. N., Rumapea, A. A., & Septian, K. (2023). DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1178–1185.

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Agisna Rahmadiani, Dilla Yuliani, Dii Rahmawati3, Nabila Putri Sepsarani, Nanda Fuziany Bunga Syamputri, & Fathurrahman Muhammad Basyari. (2025). PENYULUHAN STOP BULLYING SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–9. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4956

Terbitan

Bagian

Articles