Pemberdayaan UMKM RW 13 Desa Bojongkoneng Melalui Pelatihan Strategi Pemasaran Digital

Penulis

  • Ainun Siti Nur Zakyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Azkia Mahally UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hami Ahqafi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Nur Kholbi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pemberdayaan, UMKM, Pemasaran Digital

Abstrak

Sosialisasi e-commerce menjadi langkah awal bagi Kelompok 252 dalam mengenalkan kepada masyarakat pentingnya pemasaran digital. Hal ini bertujuan untuk membantu pengusaha-pengusaha lokal yang ada di lingkungan RW 13, seperti penjual Basreng, Jangkrik, dan Sayuran, agar dapat memasarkan produk mereka secara lebih efektif melalui media digital. Melalui pemanfaatan platform seperti Shopee, WhatsApp Business, Google Maps, dan Canva diharapkan produk-produk yang dimiliki oleh Masyarakat RW 13 dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Metode pengabdian yang diterapkan oleh penulis ialah metodologi SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) yang diusung oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Latar belakang adanya program kerja ini karena kami melihat dari potensi masyarakat Kampung Pasir Haur yang mayoritas menjual beberapa produk. Adapun tujuan dari program kerja ini diharapkan masyarakat dapat memahami bagaimana strategi pemasaran online dan dapat menjual produknya secara digital untuk memperluas jaringan mereka. Berdasarkan hasil penelitian dan pengabdian KKN Sisdamas kelompok 292 2024 di wilayah Desa Bojongkoneng, sangat menerima dengan baik kedatangan kami sebagai mahasiswa yang akan melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan. Dengan itu, kami sangat terbantu oleh partisipasi masyarakat yang aktif, termasuk dalam program kerja strategi pemasaran online shop ini.

Referensi

Endah, Kiki. "Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa." Moderat: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6.1 (2020): 135-143.

Lidwina, A. (2021). Pengguna E-Commerce Indonesia Tertinggi Di Dunia .

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-ecommerce-indonesia-tertinggi-di-dunia.

KKN SISDAMAS 2017 UIN Bandung, D. B. (2017). Apa Itu KKN SISDAMAS?

diakses pada September 14, 2024, from

https://desabinangunkknsisdamas2017.wordpress.com/apa-itu-sisdamas/

PETUNJUK TEKNIS KKN SISDAMAS UIN SGD BANDUNG TAHUN 2024 "Mewujudkan

Rahmatan lil Alamin". (2024). Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-14

Cara Mengutip

Ainun Siti Nur Zakyah, Fikri Azkia Mahally, Hami Ahqafi, & Syifa Nur Kholbi. (2024). Pemberdayaan UMKM RW 13 Desa Bojongkoneng Melalui Pelatihan Strategi Pemasaran Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–6. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4946

Terbitan

Bagian

Articles