Pemanfaatan Teknologi Audio Visual sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa MI pada Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Audio Visual, Minat Belajar, Pengabdian, TekhnologiAbstrak
Pandemi Covid-19 membawa pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan karena secara langsung mempengaruhi kondisi psikologis siswa. Hal ini juga dirasakan oleh para siswa MI Ar-Rosyidiyah yang mana memberlakukan metode pembelajaran blended learning, yaitu metode yang menerapkan pembelajaran secara online dan offline. Namun kurangnya fasilitas teknologi yang memadai membuat pembelajaran offline yang hanya sebentar dapat membuat jenuh sehingga menurunkan minat belajar siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa MI Ar-Rosyidiyah dengan cara memanfaatkan teknologi berbentuk media audio visual yaitu video. Didapatkan hasil pengabdian berupa semakin meningkatnya minat belajar rata-rata siswa MI Ar-Rosyidiyah bila diberikan pembelajaran menggunakan media audio visual berupa video.
Referensi
Allen, I. E., Seaman, J., & Garrett, R. (2007). Blending in: The extent and promise of blended education in the United States. Sloan Consortium.
Chandasiri, O. (2020). The COVID-19: impact on education. Journal of Asian and African Social Science and Humanities, 6(2), 38-42.
Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta .
Graham, C. R. (2006). Blended learning systems. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs, 1, 3-21.
Kaleta, R., Skibba, K., & Joosten, T. (2007). Discovering, designing, and delivering hybrid courses. Sloan Consortium.
Mei, S. L., Yu, J. X., He, B. W., & Li, J. Y. (2011). Psychological investigation of university students in a university in Jilin province. Med Soc (Berkeley), 24(05), 84-86.
Picciano, A. G. (2006). Blended learning: Implications for growth and access. Journal of asynchronous learning networks, 10(3), 95-102.
Raharja. (2000). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Wali.
Reynard, R. (2007). Hybrid learning: Maximizing student engagement. Campus Technology.
Ross, B., & Gage, K. (2006). Global perspectives on blending learning. The Handbook of Blended Learning; Bonk, JC, Graham, RC, Eds, 155-168.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Tabor, S. W. (2007). Narrowing the distance: Implementing a hybrid learning model for information security education. Quarterly Review of Distance Education, 8(1), 47.
Vaughan, N. (2007). Perspectives on blended learning in higher education. International Journal on E-learning, 6(1), 81-94.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Fitria Haryani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.