Membangun Literasi, Membangun Generasi : Peluncuran Rumah Baca KKN 378 di RW 07 Desa Tambakmekar
Kata Kunci:
Pengembangan Literasi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah BacaAbstrak
Pendirian Rumah Baca RW 07 di Desa Tambakmekar dilatarbelakangi oleh rendahnya akses masyarakat, terutama anak-anak dan pemuda, terhadap bahan bacaan yang berkualitas. Tujuan utama dari rumah baca ini adalah meningkatkan minat baca dan literasi di lingkungan setempat melalui penyediaan fasilitas baca yang nyaman dan inklusif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah SISDAMAS (Sistem Pemberdayaan Masyarakat), yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahap pelaksanaan, mulai dari koordinasi hingga evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan kesuksesan dalam penggalangan dana, pembelian perlengkapan, dan partisipasi aktif masyarakat dalam acara peluncuran. Simpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa tujuan utama pendirian Rumah Baca, yaitu meningkatkan literasi masyarakat, berhasil tercapai dan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.
Referensi
Amri S dan Rochmah E. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Membaca dengan Prestasi Belajar di SDN Desa Pegagan. Pendidikan Dasar, 1(19), 23–34.
Anisa S. (2021). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca di Indonesia.”
Pendidikan Dan Kesejahteraan Sosial, 12(2), 4559.
Badan Pusat Statistik. (2023). Badan Pusat Statistik. Statistik Pendidikan. Data RW 07. Laporan Awal Penelitian Literasi RW 07. RW 07. (2024).
Jatnika P. (2019). Manfaat Budaya Literasi dalam Membaca dan Menulis. Pendidikan Literasi.
Jones M dan Brown L. (2021). Community-Based Literacy Programs: Best Practices and Case Studies. Educational Research Review, 3(16), 115–134.
Maulana, A., S, A. R., Dienussalam, D., Rahakbauw, F. N., Haryadi, G., Nurmaulidianti, L., Ladopura, M., Winata, M. A.-H., Rochman, M. A., Lestari, P., M.S, S. A., & Fadlurrahman, S. (2019). Peran Rumah Baca” Ceger Membaca” Dalam Minat Baca Di Desa Ceger, Jurang Mangu Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 4, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5472
Sari, D. P. (2017). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Smith J dan Clark T. (2022). Improving Literacy Outcomes Through Access to Books: A Review of Evidence. Journal of Literacy Research, 3(48), 291–310.
Suragangga S. (2017). Literasi dan Gerakan Literasi Sekolah. Ilmu Pendidikan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Suci Nurazizah, Miftahul Fikri, Muhammad Nuzul, Fadhil Rahman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

