Pemberdayaan Pendidikan di Desa Kasomalang Wetan Melalui Program KKN: Membangun Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah

Penulis

  • Muhamad Faisal Abdul Latif UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Bintang Radhityo Zahara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raysieta Siti Arba UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahrah Faadhilah Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, pemberdayaan masyarakat, pendidikan karakter, desa, generasi muda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan di Desa Kasomalang Wetan, Subang. Program KKN ini berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda. Melalui berbagai kegiatan seperti pengajaran, pelatihan, dan seminar, program ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan karakter, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara mahasiswa KKN, guru, dan masyarakat setempat sangat penting dalam keberhasilan program ini. Namun, keberlanjutan program masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program KKN dapat menjadi model yang efektif dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan, terutama di daerah pedesaan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Latif, M. F. A., Zahara, M. B. R., Arba, R. S., & Salsabila, Z. F. (2024). Pemberdayaan Pendidikan di Desa Kasomalang Wetan Melalui Program KKN: Membangun Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–10. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4889

Terbitan

Bagian

Articles