Penerapan Digital Marketing Dalam Peningkatan Potensi UMKM Lokal Masyarakat Kampung Kebon Kapas Berbasis Seminar Dengan Judul Digital Marketing Dan Digitalisasi UMKM
Kata Kunci:
Penerapan, Digital Marketing, Peningkatan UMKMAbstrak
Perkembangan teknologi internet menandakan dimulainya revolusi industri ke-4. Internet telah mengubah dasar-dasar pemasaran tradisional menjadi pemasaran digital, memberikan peluang baru bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Internet memungkinkan penggunanya memperoleh informasi dengan cepat dan sederhana. UMKM yang tinggi serta potensi yang besar dalam mendapatkan penghasilan yang banyak ditemui dikalangan masyarakat kampung kebon kapas, namun demikian tidak sedikit juga para pelaku usaha memahami perkembangan arus zaman yang seharusnya membawa mereka berubah menjadi digitalisasi UMKM yang menjadi peluang besar mendapatkan keuntungan lebih di bandingkan dengan usaha manual. Ini menjadi suatu tantangan dalam memajukan usaha disekitar desa kecil yang usahanya memiliki potensi namun belum bisa mengembangkan pengimplementasian bagaimana usaha akan maju melewati zaman digitalisasi. Maka dari itu, mahasiswa KKN 234 UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Digital Marketing dan Digitalisasi UMKM”. Tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemasaran digital dan membantu para pelaku usaha di desa Kampung kebon Kapas untuk lebih kompetitif dan meningkatkan kualitas penjualannya agar selalu mengikuti perkembangan zaman. Dengan upaya ini, pelaku usaha dapat memanfaatkan digitalisasi untuk mengembangkan usaha mereka.
Referensi
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Pemasaran Digital: Strategi, Implementasi, dan Praktik . Pea Jurnal terkait digitalisas
Dewi, K N K & Mahyuni, L P (2022). “Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik Untuk Daya Saing Usaha
di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development
Elisa Susanti, (2020). “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor
Heru Irianto (2022) Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online
Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen Pemasaran . Pearson.
Luthfiyyah, Z D & Masruriyah, A F N (2023). Inovasi Strategi Pemasaran Menggunakan Digital Marketing Pada UMKM di Desa Cikuntul
Maulana, Y. (2017). Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. SWA Online.
Mustamin, S. W. (2018). Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Kemiskinan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 30–39.
Pancaningrum, E & Putri, I S (2023). “Penguatan UMKM Melalui Seminar E-Business dan Digital Marketing di Desa Tambakrejo
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1– 17
Sitompul, P (2022). Digitalisasi Marketing UMKM
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andhika Eka Putra Sutrisno, Fadhil Muhammad Fikri, Meilani Wulandari, Nuri Khoerunisa, Susanti Ainul Fitri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.