SOSIALISASI PENYULUHAN STOP BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH BABAKAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG

Penulis

  • Sajidin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syaiful Bahri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ike Ardianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yessa Putri Dermawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Role of schools, Prevention, Bullying, KKN, community service, Babakan Ciparay

Abstrak

Pencegahan bullying di sekolah dapat dilakukan dengan meningkatkan pengawasan dan memberikan sanksi yang tepat bagi pelaku. Selain itu, penyuluhan juga penting, misalnya dengan memasukkan materi tentang bullying ke dalam kurikulum, yang dapat mendukung perkembangan pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam mencegah tindakan bullying di SD Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan terdiri dari komunitas sekolah, termasuk kepala sekolah dan guru, yang dipilih melalui purposive sampling dengan total 60 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencegahan bullying telah dilakukan melalui program pengawasan, penyuluhan, dan pendidikan karakter, yang terbukti efektif. Sekolah merespons dengan baik dalam upaya pencegahan bullying, termasuk memberikan dukungan bagi korban, pembinaan terhadap pelaku, serta evaluasi program untuk perbaikan ke depan. Berdasarkan hasil ini, sekolah dapat terus menerapkan pengawasan yang lebih ketat, bahkan dengan pemasangan CCTV di seluruh area sekolah. Selain itu, sekolah juga diharapkan mengembangkan program pencegahan bullying dengan menyusun aturan tertulis yang jelas.

Referensi

Alwi, B. M. (2021). Etika Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektifal Ghozali Dan Ibn Miskawaih. Attaqwa:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 17 Nomor 2.

Amarullah, R. Q. (2023). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Teori Dan Praktik Dalam Pembelajaran). Bogor.

Arthinkle. (2013). Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Bullying. . http://www.arthinkle.com/articles/detail.

Indy, R. W. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. . HOLISTIK, Journal Of Social and Culture,, 12(4), 1–21.

Moloeng, L. (2012). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nabela, D. e. (2021). Analisis GayaBelajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 5 No 4.

Nur, M. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). . Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , Vol. 6, No. 3.

Nurhasanah, P. (2023). Peran Keluarga dalam Pendidikan Islam Guna Membentuk Generasi Islam yang Berkualitas di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan West Science, Vol. 01, No. 10.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Sajidin, Syaiful Bahri, Ike Ardianti, & Yessa Putri Dermawati. (2025). SOSIALISASI PENYULUHAN STOP BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH BABAKAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4869

Terbitan

Bagian

Articles