"Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Yang Religius Dan berkarakter Dengan Merealisasikan Lomba Keagamaan”
Kata Kunci:
Peran Mahasiswa, Generasi Muda, Lomba KeagamaanAbstrak
Artikel ini membahas peran penting mahasiswa dalam membentuk generasi muda yang religius dan berkarakter melalui penyelenggaraan lomba keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan lomba keagamaan dapat menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai religius dan karakter positif pada generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan ini, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman agama tetapi juga membentuk karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama. Dengan demikian, lomba keagamaan menjadi alat strategis dalam pendidikan karakter yang holistik dan berkelanjutan.
Referensi
Alif Achadah dan Muhammad Muhammad Ilyas, “Aktualisasi Pendidikan Karakter Religius Untuk
Membentuk Perilaku Baik Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Ash Sholihuddin
Dampit,” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 4, no. 02 (2021),
Kasidi Kasidi, Supiah Supiah, dan Mariaty Podungge, “Pewarisan Nilai Budaya Religius Dalam
Membentuk Kesalihan Sosial Anak Dan Generasi Muda,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan
, no. 1 (2023), https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9688.
Widyaningrum Widyaningrum, Sigit Tri Utomo, dan Ana Sofiyatul Azizah, “Implementasi
Pendidikan Karakter Religius Remaja Melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab
Maulid Diba’ Di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung,” Jurnal
Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner
Aidil Amin Effendy, Heri Murtiyoko, dan Widhi Wicaksono, “PEMBERIAN MOTIVASI DALAM
MEMBANGUN GENENERASI MUDA YANG BERKOMPETEN DAN RELIGIUS P
ADA MADRASAH ALIYAH UMMUL QURA PONDOK CABE, PAMULANG
TANGERANG SELATAN,” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 2, no. 1 (2019),
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i1.3596.
Dodik Kariadi dan Wasis Suprapto, “TRADISI MEMAOS SEBAGAI MEDIA EDUKATIF UNTUK
MEMBANGUN JIWA RELIGIUS GENERASI MUDA,” Edudeena : Journal of Islamic
Religious Education 2, no. 1 (2018), https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.560.
Y Trifai, “Peran Remaja Masjid Al-Basyariyah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius
Pada Generasi Muda Di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan,” Skripsi (2022).
Nurdiah Nurdiah dkk., “Manajemen Rumah Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’ani,” Jurnal
Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1 (2023), https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1167
Ro’fat Hizmatul Himmah, Imam Bonjol Jauhari, dan Ahidul Asror, “ADAB SEBAGAI
AKTUALISASI ILMU PADA KONSEP ISLAM,” Jurnal Darussalam: Jurnal
Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 14, no. 2 (2023),
https://doi.org/10.30739/darussalam.v14i2.1837
Alfian Hidayat, “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK ADAB SISWA DALAM MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM,” Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022),
https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i1.1104.
Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: 5 No: 9 Tahun 2024 Page 16 of 16
https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Moh Rifqi Rahman dan Bassam Abul A’la, “Inspirasi Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (Telaah Sistem Penilaian Pembelajaran Di Korea Dan Belanda),” EDUKATIF :
JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 2 (2022),https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2428.
Kiki Endah, “Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa,” Moderat: Jurnal Ilmiah
Ilmu Pemerintahan 6, no. 1 (2020)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ebbi Gustia Rahayu, Syahadah Musthofa Ibrahim Shalah, Monika Tessa, Saepuddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.