Program Pembentukan Branding Melalui Pembuatan Logo Pada UMKM Jamur Krispi MUSH POP! Di Desa Tambakmekar
Abstrak
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia karena mereka menguasai banyak sektor dan memberikan kontribusi besar terhadap PDB. Namun, UMKM menghadapi tantangan yang semakin ketat dalam persaingan, terutama karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya branding dan penggunaan logo pada produk. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai masalah-masalah yang tersebut dan juga menunjukkan upaya Mahasiswa dalam membantu UMKM, terutama UMKM Jamur Krispi “MUSH POP!” yang ada di RW 06 Desa Tambakmekar dalam membangun identitas merek melalui pembuatan logo untuk produk mereka.Tantangan utama termasuk kurangnya identitas visual pada produk UMKM, kurangnya kesadaran akan pentingnya branding, dan penggunaan media sosial yang tidak efektif sebagai alat pemasaran. Metode yang digunakan dalam membentuk program pengabdian masyarakat, yaitu mencakup survei, konsultasi, dan desain logo menggunakan aplikasi Canva. Hasilnya adalah pembuatan logo yang mencerminkan identitas unik UMKM Jamur Krispi “MUSH POP!". Logo ini diserahkan secara simbolik pada akhir program, dan Pak Narlin, pemilik UMKM, memberikan tanggapan positif, menunjukkan potensi strategi ini untuk meningkatkan daya saing dan memperkuat identitas merek. Diharapkan artikel ini memberikan panduan dan inspirasi bagi pemilik UMKM lainnya untuk menggunakan strategi branding untuk meningkatkan visibilitas dan keberlanjutan bisnis mereka di era persaingan global.
Referensi
Ainun, Nurul, Rian Maming, and Altri Wahida. 2023. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm.” Jesya 6(1):674–81. doi: 10.36778/jesya.v6i1.967
Arniati, Nita, Apri Budianto, and Wiwin Setianingsih. 2020. “Pengaruh Utility Atribut Dan Logo Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Dealer Bahana Motor Ciamis).” Business Management and Entrepreneurship Journal 2(4):154–67.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.
Gustika, S., & Susena, K. C. (2022, December). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. In Seminar Nasional Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (pp. 101-108)
Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707-6714
Listya, Ariefika, and Yayah Rukiah. 2018. “Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia) 3(02):199. doi: 10.25124/demandia.v3i02.1548.
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40-52
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.
Sijabat, Sahtriando, Tiarmi Arta Indah, Fikri Ramadhan, Atika Ramadhani Pulungan, and Sandi Hiskia Hasibuan. 2021. “Faktor-Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Produk Melalui Desain Logo Pada Produk Og Home Care.” KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen) 2(4):195–99.
Susanti, Andi, Liliani Suratan Handayani, Siti Komariah Hildayati, Lesi Hertati, and R. M. Rum Hendarmin. 2023. “BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM DI DESA PETANANG.” Communnity Development Journal 4:7628–35.
Yuli Sintakarini, Kurnia, Ririt Iriani Sri Setiawati, Mohammad Wahed, Universitas Pembangunan Nasional, and Jawa Timur. 2023. “Pembuatan Logo Dan Label Sebagai Branding Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sentul Making A Logo And Label As A Product Branding In MSMEs In The Sentul Village.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi 2(3):7–14. doi: 10.58169/jpmsaintek.v2i3.165.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bintang Fitri Pratiwi Rahmadani, Miftahul Fikri, Luthfi Fadillah, Salsa Sadila Safha
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.