Penguatan Pendidikan dan Literasi Teknologi di Desa Bojongkoneng melalui Program KKN: Mengajar SD dan Pelatihan IT untuk Pemberdayaan Masyarakat

Penulis

  • Zahra Silmi Dzakiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shita Khoerunnisa Tri Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fadhel Muhammad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Farida Nur Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Arya Mahesa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Nyata, Desa Bojongkoneng, Pengajaran Sekolah Dasar, Pengajaran Informasi Tekonologi

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam membangun masyarakat yang maju dan berdaya saing. Pendidikan yang berkualitas tidak hanya berperan dalam meningkatkan kemampuan intelektual individu, tetapi juga dalam membentuk karakter, keterampilan, dan mentalitas masyarakat yang dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bojongkoneng bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan Informasi Teknologi (IT) melalui dua program utama, pengajaran di sekolah dasar (SD) dan pelatihan IT untuk anak-anak serta remaja. Menggunakan metode pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat dan teori perubahan sosial Kurt Lewin yang mencakup tahap unfreezing, change, dan refreezing, program ini berhasil menciptakan perubahan positif dalam proses belajar mengajar dan keterampilan digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa dan keterampilan IT peserta, meskipun terdapat tantangan terkait akses teknologi dan kebutuhan dukungan berkelanjutan. Program ini tidak hanya memperbaiki kualitas pendidikan di SD tetapi juga membekali generasi muda dengan keterampilan digital yang penting untuk masa depan mereka.  

Referensi

Afifuddin, M. (2014). Pendidikan sebagai pilar kebangkitan bangsa. CENDEKIA, 6(02).

Aoetpah, R. L., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2022). Implementasi PPDB Zonasi dalam

Perspektif Teori Perubahan Kurt Lewin. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2).

https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13690

Burnes, B. (2020). The Origins of Lewin’s Three-Step Model of Change. Journal of

Applied Behavioral Science, 56(1). https://doi.org/10.1177/0021886319892685

Ellis, P. (2023). Managing change – the Lewin model 3: refreeze. Wounds UK, 19(4).

Kurt Lewin reloaded. (2023). In Kurt Lewin reloaded. https://doi.org/10.1007/978-3-

-42146-5

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M.

(2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal

Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.46781/almutharahah.v18i2.303

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan

Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1).

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter

Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas

Negeri Medan, 1(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Zahra Silmi Dzakiyah, Shita Khoerunnisa Tri Rahmawati, Fadhel Muhammad, Putri Farida Nur Afifah, & Muhammad Arya Mahesa. (2025). Penguatan Pendidikan dan Literasi Teknologi di Desa Bojongkoneng melalui Program KKN: Mengajar SD dan Pelatihan IT untuk Pemberdayaan Masyarakat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–16. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4813

Terbitan

Bagian

Articles