Implementasi Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SPS Anggrek Selama Program KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kelompok 397
Kata Kunci:
Implementasi Kurikulum Merdeka, KKN, Modul Ajar, InstagramAbstrak
Artikel ini membahas bagaimana implementasi metode pembelajaran kurikulum merdeka di SPS Anggrek di Kp. Sukamelang, Kec. Kasomalang, Kab. Subang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya tenaga pengajar dan fasilitas yang memadai serta inovasi dalam metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah dan mengimplementasikan metode pembelajaran kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada khususnya di SPS Anggrek. Metode pengabdian yang dilakukan di dalam penelitian ini adalah metode sisdamas yang berbasis pemberdayaan masyarakat, yaitu program kerja yang dilaksanakan dan mengacu kepada kondisi masyarakat yang ada di Kp. Sukamelang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian metode pembelajaran kurikulum merdeka seperti pendampingan dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan membantu membuatkan akun instagram untuk mendukung kredibilitas ini dapat membantu pengajaran di SPS Anggrek menjadi lebih efektif. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya pendampingan berkelanjutan bagi guru-guru di SPS Anggrek untuk mengoptimalkan pembelajaran yang dilaksanakan. implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi antara dunia akademik dan masyarakat dapat meningkatkan perkembangan pendidikan di daerah-daerah terpencil.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sri Rahayu, Herry Sutanto, Derisha Savitri, Hakim Rachman Shiddiq, Muhammad Afif Hamdani, Risqi Wijaya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.