Pemberdayaan Masyarakat Desa Cicalengka Wetan Melalui Inovasi Berbasis Pendidikan, Ekologi, dan Budaya
Keywords:
Budaya, Ekologi, PendidikanAbstract
Buku ini berjudul Pemberdayaan Masyarakat Desa Cicalengka Wetan Melalui Inovasi Berbasis Pendidikan, Ekologi, dan Budaya, yang mendokumentasikan pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cicalengka Wetan. Kegiatan KKN berlangsung selama satu bulan, dari 28 Juli hingga 31 Agustus. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan inovatif yang berfokus pada pendidikan, ekologi, dan budaya. Berbagai program yang diusung dalam KKN ini meliputi bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, kewirausahaan, digitalisasi, lingkungan, serta sosial dan budaya. Program-program tersebut dirancang untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa dalam menghadapi tantangan di era modern sekaligus melestarikan nilai-nilai lokal. Pendekatan kolaboratif antara mahasiswa KKN dan masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan, baik dalam aspek pemberdayaan individu maupun pembangunan desa secara keseluruhan.
References
Apriliawati, A. (2016). Kajian Kuat Lekat Dan Kuat Tekan Pada Beton Serat Dengan Bahan Tambah Potongan Limbah Banner.
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. 2021. ). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm.
Gautama, I. M. B., & Putri, D. R. 2019. “Perancangan Label Kemasan Aneka Kue Dan Banner Sebagai Media Promosi.”
Kusnadi. 2018. “Dasar Desain Grafis. Tasikmalaya: Edu Publisher.”
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2014. 2014. Principles of Marketing (15th Global Edition). England: Pearson Education.
Lestari, Resanti. 2013. Perbankan Syariah Sebagai Daya Pendorong Usaha Mikro Kecil Menengah Di Indonesia. Jurnal Universitas Jenderal Sudirman, Indonesia. Vol 3, No 1 2013. Semarang: Universitas Jenderal Sudirman.
Rosandi, S., & Sudarwanto, T. 2014. “Engaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra (Studi Pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).
Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2179-2184.
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. 2019. “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan),.”
Setiawati, S. D. 2019. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” Jurnal Khatulistiwa Informatika,.”
Suryadi, A. (2021). *Peran Media Visual dalam Pemberdayaan UMKM di Wilayah Pedesaan*. Jurnal Ekonomi Kreatif, 8(1), 45-58.
Timothy, Y. B. V., & Dermawan, R. (2024). Penggunaan Banner untuk Peningkatan
Kesadaran Merek Pada UMKM Bakoel Kue Medokan Ayu Kota
Surabaya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 18931897.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ali Rahman Harahap, Dr. Hj. Siti Chodijah, M.Ag, Amang Wildan, Anisa Tri Amalia, Muhammad Rasyid Hasyim, Dewi Fathimah Az Zahra , Sagita Aidul Miftah , Yasmin Arfa Nurul Hakim, Shelly Dwi Febiyanti , Tiaranissa Juliansyah, Rahman Alkhalil Husain, Syahrul Ali Budiman , Salma Rahmah, Ismatus Saadah Harmaen , Amalia Darozatun Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

