KKN SISDAMAS: Pemberdayaan Umkm Pengrajin Mebel Melalui Digital Marketing Sosial Media Instagram

Penulis

  • Alya Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Devina Ayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhesinta Hermaniar Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Samia Insyirah Gunawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilyas Rifa'i UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Digital Marketing, Pemberdayaan, UMKM

Abstrak

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Gunung Djati melaksanakan
kegiatan pengabdian pada tanggal 28 Juli hingga 31 Agustus yang bertempat
di Desa Pakuhaji Kampung Cikawati Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat.
Setelah mengamati dan menggali potensi permasalahan yang dialami
masyarakat pengrajin mebel yang ada di Kampung Cikawati masih belum
mencapai target dalam hal marketing dan promosi. Karena kurangnya
pemahaman pengrajin mebel dalam mempromosikan usaha mebel di media
sosial khususnya instagram. Dari hasil rembuk warga RW 06 kami sepakat
untuk mengadakan program kerja diantaranya pemberdayaan masyarakat
dalam UMKM pengrajin mebel melalui media sosial instagram. Metode
pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mengadopsi langkahlangkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang
diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
yaitu siklus I hingga IV. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah berjalan
dengan baik secara keseluruhan dan sesuai dengan yang kami harapkan.
Meskipun ada beberapa hal yang belum sesuai dengan jadwal yang sudah
kami tetapkan, kegiatan program kerja tetap berjalan lancar dan terpenuhi
dengan baik.

Referensi

Afifah Nasution, M., & Afandi, A. (2022).

Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. FUSION : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Dan Pendampingan , 1(1). https://jurnal.perima.or.id/index.php

/ABP

Billah, tasim, Rafinsyah, A., Mawangga Putri, A., Oktavianingrum, A., Rosyidah, idatur, Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Peningkatan Kewirausahaan Dan Kemandirian Ekonomi Pada UMKM Mebel Melalui Penerapan Pemasaran Digital Increasing Entrepreneurship and Economic Independence in MSMEs Furniture Through the Implementation of Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2. 131

Mahendra Ardiansyah, W. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. https://journal.sabajayapublisher.co m/index.php/jmeb

Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). E- Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production , 2(1).

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1).https://journal.uir.ac.id/index.php/ki at

Zahra Firdausya, L., Perwira Ompusunggu, D., & kunci, K. (2023). USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA DIGITAL ABAD 21 MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) THE DIGITAL AGE OF THE 21 ST CENTURY. TALIJAGAD, 2023(3), 14–18. https://journal.unusida.ac.id/index.p hp/tali-jagad/index

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-23

Cara Mengutip

Alya Nur Azizah, Devina Ayu, Dhesinta Hermaniar Putri, Samia Insyirah Gunawan, & Ilyas Rifa’i. (2024). KKN SISDAMAS: Pemberdayaan Umkm Pengrajin Mebel Melalui Digital Marketing Sosial Media Instagram. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–19. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4724

Terbitan

Bagian

Articles