Strategi Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi di SDN Sawah Lega 02

Penulis

  • Diah Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Futri Fauzia Alawia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Helma Melia Putri Hasibuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Amilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gina Giftia Azmia Delilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Minat baca, Literasi, strategi, Siswa, SDN Sawah Lega 02, Pengabdian, KKN, Program.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan minat baca siswa melalui penerapan program literasi di SDN Sawah Lega 02. Program ini melibatkan beberapa upaya, seperti penyediaan buku bacaan di perpustakaan dan penjadwalan kunjungan literasi secara terstruktur. Strategi peningkatan minat baca dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan, siswa dilibatkan dalam kegiatan membaca secara rutin. Pada tahap pengembangan, mahasiswa KKN membantu siswa yang belum lancar membaca. Sedangkan pada tahap pembelajaran, siswa diharapkan mampu memahami dan menceritakan kembali isi buku yang telah mereka baca. Faktor penghambat minat baca siswa mencakup faktor internal, seperti kemampuan membaca yang rendah, serta faktor eksternal, seperti kurangnya dukungan lingkungan dan keluarga. Penelitian ini juga menawarkan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut, salah satunya dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca dan mengadakan kegiatan literasi yang menarik, seperti lomba literasi. Program ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan membaca serta meningkatkan minat baca siswa di SDN Sawah Lega 02.

Referensi

Erwin Simon Paulus Olak Wuwur. 2022. “Faktor Penghambat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sains Dan Teknologi 1 (2): 01–06. https://doi.org/10.58169/saintek.v1i2.70.

Khoirudin, M. Arif, Imam Tulabi, and Ali Imron. 2016. “MENUMBUHKAN MINAT BACA SEJAK DINIDI TAMAN BACA MASYARAKAT.” An-Nafs 1 (2).

Pratiwi, Cerianing Putri. 2020. “Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Edutama 7 (1): 1–8.

Pusat Data dan Analisa Tempo. 2022. Berbagai Cara Meningkatkan Minat Baca Di Indonesia. TEMPO Publishing.

Rizaty, Monavia Ayu. 2023. “Tingkat Kegemaran Membaca Warga Indonesia Meningkat Pada 2022.” Dataindonesia.Id. 2023. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/tingkat-kegemaran-membaca-warga-indonesia-meningkat-pada-2022.

Tambusay, M. Deny Effendy, and Windy Niskya Rahmi Harefa. 2023. “‘MANCA’ Untuk Literasi Yang Menyenangkan.” Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara. 2023. https://balaibahasasumut.kemdikbud.go.id/2023/09/07/manca-untuk-literasi-yang-menyenangkan/.

Widodo, Hery. 2019. Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Yatun, Sri. 2015. “Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Perpustakaan.” FIHRIS 10 (2): 176.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-23

Cara Mengutip

Rahmawati, D. ., Futri Fauzia Alawia, Helma Melia Putri Hasibuan, Putri Amilah, & Gina Giftia Azmia Delilah. (2024). Strategi Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi di SDN Sawah Lega 02 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4714

Terbitan

Bagian

Articles