Bimbingan Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar di Desa : Analisis di Kampung Rancakaso Desa Padamukti
Kata Kunci:
bimbingan belajar, motivasi belajar, Desa Padamukti, pendidikan, performa akademikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai analisis dari pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa di Desa Padamukti. Bimbingan belajar merupakan salah satu metode pendidikan yang sering digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan performa akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi langsung melalui pelaksanaan 4 siklus yang meliputi : Siklus I (Sosialisasi awal, Rembug Warga dan Refleksi Sosial), Siklus II (Pemetaan Sosial), Siklus III (Perencanaan dan Pelaksanaan Program) dan Siklus IV (Monitoring dan Evaluasi Program). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dibandingkan dengan yang tidak. Faktor-faktor seperti dukungan dari pengajar, teknik pembelajaran yang bervariasi, dan suasana belajar yang kondusif terbukti menjadi elemen penting dalam meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan belajar memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar di Desa Padamukti, dan merekomendasikan peningkatan akses serta kualitas bimbingan belajar di daerah tersebut untuk mendukung pencapaian akademik siswa.
Referensi
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi umum. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Hartinah, G., (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2 (2). 153 – 15.
Maufiroh, D.L dkk (2019) Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMAN Pontianak.
Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rubiyanto. (2012) Bimbingan Konseling Untuk SMA/SMK/MA. Jakarta: Citra Pustaka.
Saefullah. (2012) Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Sarmud, M., Amran M., dan Kianto (2023) Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Rantepao. Pinisi Jurnal PGSD. Volume, 3 Nomor 1 March 2023 Hal. 162-173 e-ISSN:27989097
Suci R, (2009). Pendekatan Personal Sebagai Upaya Guru Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Gadang 2 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rika Rosalina, Farhan Ahmad Fauzan, Nachwa Vergina Sugiono

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

